Lebih Baik Minum Susu Kambing EGM

12

PADA Bulan Ramadan, susu bisa menjadi pilihan untuk menemani sahur dan berbuka puasa yang sehat. Karena susu adalah salah satu produk hewani yang kaya akan protein. Salah satu hewan yang menghasilkan susu dengan kandungan protein terbaik adalah kambing etawa.

Kandungan protein, energi dan lemak yang terkandung dalam susu kambing etawa hampir dapat disetarakan dengan air susu ibu (ASI). Selain itu, tentu banyak lagi kandungan gizi lain yang ada dalam susu kambing etawa ini.

Leader dan Mentor Halal Mart, Wahyudin mengatakan soal susu kambing etawa ini sendiri, ternyata berdasarkan Sirah Nabawi, Nabi Muhammad SAW suka sekali minum susu kambing. Hal ini seperti diriwayatkan dari sahabat Rasulullah yaitu Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, “Aku bersama Rasulullah dan Khalid bin al Walid masuk ke rumah Maimunah. Maimunah menyuguhkan kami satu wadah berisi susu kambing. Rasulullah lantas meminumnya. Aku berada di sebelah kanan Rasulullah sedangkan Khalid ada di sebelah kiri Rasulullah.”

Rasulullah juga bersabda, “Jika minum susu maka ucapkanlah, ‘Allahumma baarik lanaa fiehi wa zidna minhu’ (Ya Allah berkahilah kami pada susu ini dan tambahkanlah untuk kami lebih dari itu) karena tidak ada makanan dan minuman yang setara dengan susu”. (HR. Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman Nomor 5957).

Tidak hanya itu, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam juga bersabda, “Tidak ada satu pun makanan yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu (susu kambing)” (HR. Ahmad 3/302 dengan sanad yang sahih.Kisah di atas asalnya ada di Muwatha’ dan Sahih Bukhari Muslim. Juga tercantum dalam Sahih Tirmidzi nomor 3455).

Kata dia, meminum susu kambing tidak harus langsung dari air perahan susu kambingnya. Tetapi sudah bisa dalam bentuk serbuk susu yang dicampur dengan air panas.

“Salah satu produk susu kambing yang diproduksi dan dipasarkan adalah Etta Goat Milk (EGM) dari PT Halal Network Internasional (HNI) atau yang sering familier disebut Halal Mart,” ujarnya kepada Radar, Senin (13/5).

Lanjut dia, kelebihan susu kambing EGM ini mempunyai sifat antiseptik alami yang dapat menekan perbaikan bakteri dalam tubuh, karana flourin yang terkandung kadarnya 10-100 kali lebih besar daripada susu sapi. Kemudian susu kambing ini bersifat basa (alkaline food) sehingga aman bagi tubuh.

“Proteinnya lembut dan efek laktasennya ringan sehingga tidak menyebabkan diare. Lemaknya mempunyai tekstur yang lembut, halus dan lebih kecil dibandingkan butiran lemak susu sapi atau susu lainnya,” terangnya.

Selanjutnya, tambah dia, kelebihan susu kambing EGM ini bersifat homogen alami yang mempermudah pencernaan. Sehingga menekan timbulnya alergi, mudah dicerna oleh balita dan lanjut usia.

“Kandungan vitamin B-1nya lebih tinggi dari susu sapi baik sekali dikonsumsi anak-anak dan lanjut usia yang tidak dapat minum susu sapi karena gangguan pencernaan,” bebernya.(rls/yfi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.