Perpusda Gencar Lakukan Program Perpustakaan Keliling

Lebih Mudah Dijangkau

20
CARI REFERENSI. Pengunjung sedang mencari referensi buku di Perpusda Kota Tasikmalaya Kamis (14/3). Pengunjung Perpusda selalu meningkat tiap bulannya. Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Meningkatkan minat dan daya baca masyarakat, Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Tasikmalaya melakukan aksi jemput bola ke sekolah-sekolah melalui perpustakaan keliling.

Kepala Sub Bagian Umum Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya Tita Sugiharti mengatakan saat ini layanan perpustakaan harus lebih mudah dan dekat untuk dijangkau masyarakat. “Kalau dulu perpustakaan menunggu orang, sekarang perpustakaan sudah harus mendekati masyarakat,” katanya kepada Radar, Kamis (14/3).

Makanya, kata ia, selain memberikan pelayanan di Perpusda Kompleks Perkantoran Jalan Ir Juanda Kota Tasikmalaya, pihaknya juga punya program perpustakaan keliling.

“Dalam sehari, perpustakaan keliling mendatangi dua sekolah. Adapun Sabtu-Minggu kami gelar perpustakaan keliling di Kompleks Olahraga Dadaha dan Taman Kota,” ujarnya.

Ia mengatakan, sekolah-sekolah bisa mengajukan ke dinas untuk mendatangkan mobil perpustakaan keliling ini. Upaya ini agar masyarakat Kota Tasikmalaya bisa menambah wawasan melalui buku, pada akhirnya bisa mendongkrak kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Ia mengatakan, Perpusda menyediakan koleksi literatur buku yang dapat dimanfaatkan bagi kalangan pendidikan dan masyarakat umum. Bahkan siswa Taman Kanak-kanak (TK) juga sering datang ke Perpusda untuk mengikuti kegiatan story telling.

“Story telling ini diharapkan bisa menumbuhkan nalar baca sejak usia dini,” ujar dia. Tita mengatakan, Perpusda berkomitmen membangun karakter dengan gerakan literasi yang masif.

Staf Pelayanan Perpusda Kota Tasikmalaya Ernah Herawati (31) mengatakan, pengunjung Perpusda selalu naik setiap bulannya. Pada Januari ada 768 pengunjung, Februari ada kenaikan menjadi 867 pengunjung.

“Kebanyakan pengunjung dari kalangan mahasiswa dan siswa yang mencari referensi atau tugas,” kata dia.

Dosen Filsafat Islam STAI Miftahul Ulum Tasikmalaya Dodo Syuhada MPd mengatakan, di Perpusda Kota Tasikmalaya banyak literatur tentang filsafat yang dapat menunjang khazanah keilmuan dosen. “Bisa melengkapi apa yang dibutuhkan dan menunjang untuk kegiatan pendidikan,” katanya. Pengunjung Perpusda Lesti Purnamasari (24) mengaku sering datang ke Perpusda untuk mencari referensi tugas kuliah. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.