Legislator DPRD Kota Tasikmalaya

Lebih Utamakan Kebutuhan daripada Keinginan

17
Ali Ridlo Muthahhari

Mengabdi bagi masyarakat, untuk meraih keberkahan. Sebaik-baiknya manusia, adalah yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Itulah yang diniatkan Anggota DPRD Kota Tasikmalaya Ali Ridlo Muthahhari menjadi legislator. Semasa 4 tahun lebih duduk di gedung wakil rakyat, ratusan program peningkatan kesejahteraan masyarakat, sudah direalisasikan. Khususnya bagi warga di Kecamatan Mangkubumi dan Kawalu.

Anggota dewan termuda periode 2014-2019 itu, mengungkapkan persoalan masyarakat di wilayahnya terbilang cukup kompleks. Mulai dari sarana prasarana peribadahan yang perlu sentuhan pembangunan. Ditambah persoalan kesehatan dan kemiskinan warga.

Untuk itu, selama ini dia telah merealisasikan pembangunan infrastruktur berupa jalan, kirmir, drainase, bahkan rehabilitasi sarana ibadah dan pendidikan. “Masjid penting untuk keumatan, sarana pendidikan pun sama. Membina generasi supaya masyarakat cerdas ke depannya,” terang Ali yang kini duduk di Komisi IV DPRD.

Mantan aktivis PMII ini konsen memperhatikan fasilitas umum. Selain infrastruktur jalan, penerangan berupa PJU kerap dialokasikan bagi warga, terutama yang akses pemukimannya terbilang pelosok.

Disamping itu, dirinya membina kalangan muda, kelompok tani, peternak dan perikanan lewat berbagai program bantuan. “Potensi di wilayah ini cukup baik untuk digenjot dari sisi usaha leading sektor pertanian dan peternakan. Supaya dikembangkan,” terang dia.

Dia mencanangkan apabila ke depan diberi kepercayaan untuk kembali duduk di kursi legislatif, akan membuat kelompok usaha. Masing-masing 3 jenis usaha di Kecamatan Mangkubumi dan Kawalu. Selain pemberdayaan masyarakat, menguatkan ekonomi kerakyatan agar bertahan dari gempuran pasar ekonomi yang kini mulai dikuasai pihak asing. “Kita sadari di jantung ekonomi Tasik sudah dikuasai pihak asing. Warga asli daerah hanya menjadi penjaga toko, buruh kasar bahkan tukang tambal ban. Miris saya, inilah makanya ingin membentuk usaha masyarakat di wilayah,” ucapnya memaparkan.

Menurutnya, jangan bangga dan puas, ketika pemerintah sebatas membangun infrastruktur yang baik. Sebab, kata Ali, di zaman Belanda juga pembangunan sudah bagus. Infrastruktur justru akan mudah dibangun ketika masyarakat sudah sejahtera.

“Tentu ketika sejahtera tak sulit bayar pajak daerah untuk pembangunan. Bahkan bisa saja menyumbang demi kepentingan umum,” ujarnya.

Sebab, kata dia, dalam undang-undang air, bumi, udara yang terkandung di dalamnya harus dinikmati sepenuhnya oleh rakyat. Apalagi, undang-undang itu merupakan aturan yang merepresentasikan nilai-nilai Islam. “Hari ini, kita akui secara nilai substansi faktanya itu sudah hilang. Maka ini menjadi pekerjaan rumah bersama untuk diimplementasikan di masyarakat kita,” ungkapnya.

Namun, ia memohon maaf apabila selama menjabat di legislatif belum semua aspirasi masyarakat terpenuhi dengan baik. Sebab, dirinya mengaku memiliki skala prioritas dalam merealisasikan harapan masyarakat. Terutama mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan. “Bahkan ketika masyarakat yang aspirasinya belum terakomodir, sering saya gunakan dana pribadi. Seperti membangun pos ronda di Gunung Pongpok, kanopi madrasah, irigasi dan kirmir di Sambong Girang. Sebagai bukti kepedulian saya terhadap masyarakat,” terangnya.

Salah seorang Warga Babakan Sampeu Kelurahan Mangkubumi Ade Udin, mengaku bersyukur adanya Ali Ridlo di kursi parlemen. Sebab, selama menjabat banyak program yang direalisasikan di wilayahnya. Terutama fasilitas umum dan pembinaan kemandirian usaha bagi kalangan muda. “Itu bukti kecintaannya terhadap warga Mangkubumi. Banyak aspirasi warga kami terakomodir,” ucapnya bersyukur.

Bahkan, kata dia, beberapa waktu lalu Ali Ridho sudah membebaskan lahan di RW 11 Kelurahan Mangkubumi, untuk pemakaman warga. “Kemarin saja baru bangun pos ronda, program bagi pemuda dan membebaskan lahan untuk warga di belakang kediaman tokoh ulama wilayah Babakan Sampeu,” tandasnya. (igi)

 

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.