Lebihi Target, Sektor Perikanan Sumbang PAD Rp2,5 Miliar

43

CIJULANG – Pendapatan Asli Daerah dari sektor perikanan selama tahun 2018 di Kabupaten Pangandaran, mengalami peningkatan.

Padahal, aktivitas nelayan kerap terhambat akibat cuaca yang tidak menentu.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Kabupaten Pangandaran, Rida Nirwana mengatakan, PAD sektor perikanan mencapai Rp 2,5 Miliar dari target pemerintah daerah sebesar Rp 2,4 Milyar.

“PAD kita naik, sampai akhir tahun 2018 lalu. Akumulasi PAD sektor perikanan sudah melebihi target,” ungkapnya, Kamis (10/1).

Dikataknnya, total tangkapan ikan yang masuk ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kabupaten Pangandaran mencapai lebih dari 2.000 ton.

“Surplus tertinggi disumbangkan oleh sekitar 2.159 nelayan dari Kecamatan Pangandaran dengan jumlah sumbangsihnya sekitar 53 persen,” ujarnya.

Rida menegaskan sudah tidak ada lagi kebocoran penjualan ikan di luar tempat pelelangan ikan yang dikelola KUD nelayan.

“Kami mengimbau kepada seluruh nelayan agar menjual hasil tangkapannya di pelelangan ikan. Selain aman, harganya juga bisa lebih tinggi dan tentu menyumbangkan PAD untuk pemerintah daerah agar pembangunan di Pangandaran untuk kesejahteraan masyarakat tercapai,” pungkasnya. (nay)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.