Ledakan Televisi Nyaris Hanguskan Rumah

159
0
kebakaran

CIAMIS – Televisi milik Wardi (51) warga Dusun Cibogor RT 03/ 09 Desa Kadupandak Kecamatan Tambaksari meledak Senin (27/11) pukul 06.00. Ledakan diduga diakibatkan kosleting listrik dan menyebabkan bilik rumah panggung itu terbakar.
Beruntung, warga sigap melakukan pemadaman meski menggunakan peralatan seadanya. Rumah dan isinya pun terselamatkan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. “Kejadian kebakaran itu akibat dari kosleting listrik dari TV,” ungkap Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya kepada Radar, kemarin.
Setelah kejadian, kata dia, warga setempat membantu pemilik rumah memperbaiki dinding dan atap yang sempat dilalap api. Berdasarkan pengakuan pemilik, saat kejadian dia tengah berada di luar dan mendengar ledakan dari dalam disertai keluarnya asap. Setelah diperiksa, Wardi mendapati televisinya sudah hancur dan api menyala di dinding rumah yang terbuat dari bilik bambu. “Dengan alat seadanya api bisa cepat dipadamkan, sehingga tidak merembet ke bangunan lainnya,” katanya.
Mengingat kejadian seperti itu kerap terjadi, Ade mengimbau masyarakat selalu waspada ketika meninggalkan rumah. Diharapkan semua peralatan yang menggunakan listrik dicabut lebih dahulu dan jangan menggunakan colokan terlalu banyak pada satu jalur. Sebab, bisa menyebabkan listrik koslet. “Kami sarankan agar selalu safety dan gunakan juga kabel Standar Nasional Indonesia (SNI),” imbaunya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.