Lembaga Pendidikan Islam Harus Bersinergi

21

PANGANDARAN – Dosen Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STITNU AL Farabi Irpan Ilmi mengungkapkan kualitas lembaga pendidikan islam ditentukan tidak hanya dari infrastruktur, tetapi dari kualitas berpikir sumber daya manusia di dalamnya.

”Intinya permasalahan yang muncul saat ini di lembaga pendidikan islam, beberapa diantaranya ada yang masih bingung soal pengembangan visi lembaga dan pengembangan SDM,” ungkapnya kepada Radar, Selasa (12/2).

Menurutnya, kecenderungan lembaga pendidikan yang ada sekarang ini lebih mementingkan pelaporan dibanding dengan membuka keran informasi dengan pihak lain. Sehingga mereka kesulitan dalam pengembangan visi sekolah ”Baik itu dengan pihak pemerintah maupun pihak ketiga,” tuturnya.

Ia menambahkan saat ini banyak sekolah di Pangandaran dari mulai PAUD sampai perguruan tinggi, namun jenjang pendidikan malah menjadi kesenjangan pengetahuan.

”Lembaga formal dan non formal seharusnya bersinergi untuk saling meningkatkan sumber daya manusia di masing-masing lembaga,” terangnya.

Sebab tujuan mencetak SDM yang baik harus dengan cara manajemen pendidikan yang baik pula. ”Jika manajemen pendidikan di satu lembaga belum tertata, maka bisa dibantu oleh lembaga yang lain,” jelasnya.

Ia berharap semua lembaga pendidikan terutama lembaga pendidikan islam bisa bersinergi dan terbuka.

”Ya saya kira terbuka dan bekerjasama untuk meningkatkan sumber daya manusia dan pengembangan visi lembaga, tidak ada salahnya,” terangnya. (den)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.