Lembur Madani Kota Tasik Terbaik Akan Diapresiasi

57
0
BERI ARAHAN. Kasi Promosi dan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Cucu Suryani Tim gabungan kembali melakukan monev di Lembur Madani RW 11 Bojong Kaum Kelurahan Cipedes, Kamis (26/11). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya
BERI ARAHAN. Kasi Promosi dan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Cucu Suryani Tim gabungan kembali melakukan monev di Lembur Madani RW 11 Bojong Kaum Kelurahan Cipedes, Kamis (26/11). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Tim Pendamping Lembur Madani tanggap Covid-19 kembali melakukan monitoring dan evaluasi (monev) keempat di Lembur Madani RW 11 Bojong Kaum Kelurahan Cipedes dan Lembur Madani RW 01 Perumahan Bumi Asri Dirgantara Kelurahan Parakanyasag Kecamatan Indihiang, Kamis (26/11).

Hal ini sebagai upaya mengarahkan masyarakat supaya berempati melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta disiplin protokol kesehatan (prokes) Tim gabungan tersebut terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Asisten Kota Tasikmalaya dan Radar Tasikmalaya.

Kepala Seksi Promosi dan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Cucu Suryani mengatakan Lembur Madani ini wadah masyarakat dalam menga­ktualisasikan wilayahnya. Se­hingga apabila memiliki pre­s­tasi layak untuk diberikan penghargaan.

“Maka, ayo jadilah Lembur Madani yang terbaik dalam pencegahan Covid-19, Walaupun bukan dalam bentuk uang tetapi perlunya pengakuan. Tujuannya agar semangat untuk terus motivasi masyarakat adar akan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” katanya kepada Radar, Kamis (26/11).

Baca juga : Lembur Madani Kota Tasik Bisa Kuatkan KIE Covid-19

Untuk itu, sebagai apresiasi terhadap kinerja dan kiprah Lembur Madani di wilayah masing-masing. Pihaknya akan menggelar malam penganugerahan. Dengan kategori Lembur Madani Terbaik, Kader Posyandu Penanganan Covid-19 Terbaik, Penyuluhan Cegah Covid-19 Terbaik, dan Media Informasi Kesehatan Terbaik.

“Sehingga bagi yang bisa mendapatkan penghargaan tersebut, alat ukurnya seberapa manfaatnya Lembur Madani dalam mempengaruhi masyarakat untuk terus disiplin menjalankan prokes,” tuturnya.

Salah satu bentuknya, kata Cucu, bisa dilihat dalam media komunikasi informasi dan edukasi kesehatan.

Ketika dibuatnya secara kreatif dan menarik, misal terbuat dari barang bekas yang diwarnai, lalu diberi tulisan atau gambar untuk menyampaikan pesan protokol kesehatan.

“Ketika media informasi kesehatan kreatif, diharapkan bisa mampu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap pencegahan Covid-19,” katanya.

Camat Indihiang Nana Iskandar bersama Ketua Lembur Madani Perumahan Bumi Asri Dirgantara RW 01 Parakanyasag Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya, Supardjijono mengatakan dalam penanganan Covid-19, pihaknya menjadikan Lembur Madani sebagai garda terdepan dalam mempromosikan protokol kesehatan.

“Sehingga perlu ada komitmen dan kekompakan bersama dalam kegiatan kesehatan, pengembangan ekonomi, kebersihan lingkungan dan berempati,” paparnya.

Bukti dari kesadaran dan solidaritas warga sekitar, kata dia, sangat tinggi yakni ketika ada warga yang terkonfirmasi positif. Warga langsung sigap dan tanggap membantu dengan memberikan sembako.

”Artinya kepekaan warga di sini sudah sangat teruji, mudah mudahan bisa terus bertahan,” tandasnya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.