Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.9%

19.6%

8.2%

68.3%

Lestarikan Tradisi Ngobeng Ikan di Ciamis

122
0
NGOBENG. Warga di Kelurahan Linggasari dan Ciamis meriah saat mengikuti ngobeng ikan di sungai dan kolam, Senin (24/8). IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Tradisi ngobeng ikan di sungai atau kolam masih dilestarikan masyarakat Kabupaten Ciamis. Acara tersebut biasanya digelar sebagai peringatan kemerdekaan atau syukuran keberhasilan tertentu.

Hal tersebut seperti dilaksanakan warga di Tegal Panjang Lingkungan Sukaraja  Kelurahan Linggasari Kecamatan Ciamis dan Sungai Cileuer Kelurahan Ciamis. Mereka ngobeng ikan di sungai dan kolam yang sudah disiapkan.

Baca juga : Ganja & Sabu Beredar di Kota Ciamis, Pil Koplo di Pelosok

Tridiana (34), pemuda asal Sukaraja mengatakan kegiatan ini dilaksanakan atas dasar insiatif warga dalam rangka memperingati hari kemerdekaan. Apalagi di daerah ini ada irigasi, sehingga dimanfaatkan untuk ditanami ikan dan diobeng warga.

“Semua, mulai anak-anak, ibu-ibu, dewasa dan lainnya turun ke irigasi untuk ngobeng ikan dengan menggunakan tangan kosong,” katanya, menjelaskan.

“Jadi ngobeng ikan ini sebagai tradisi untuk merayakan berbagai peringatan atau syukuran-syukuran atas keberhasilan tertentu dan ini selalu dipertahankan sampai kapan pun,” katanya, menambahkan.

Kemudian, kata dia, kegiatan ini juga untuk menjalin silaturahmi antar warga. Sehingga semuanya bisa semakin kompak dan menguatkan kerja sama satu sama lain.

Baca juga : Polsek Rajadesa Ciamis Ingatkan Warganya Soal Ini..

Terpisah, Tokoh Pemuda Lingkungan Lebak Fakhrizal Rismawan (32) mengatakan, pihaknya adakan acara ngobeng ikan di Sungai Cileuer masih dalam rangkaian hari kemerdekaan Indonesia.

Di mana kali ini membendung sungai pakai batu dan ditanami ikan sebanyak satu kuintal. “Tradisi ini sudah ada sejak zaman dulu dan akan selalu dipertahankan dari generasi ke generasi,” katanya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.