LH Harus Gesit, Warganya Sadar

70
0
SAMPAH LIAR. Tumpukan sampah liar di Jalan Gubernur Sewaka dibakar, Sabtu (31/3). FATKHUR RIZQI/ TASIKMALAYA
Loading...

TAWANG – Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Tasikmalaya kesulitan menanggulangi sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat. Namun, masyarakat pun meminta LH lebih gesit mengangkut barang-barang buangan itu.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas LH Kota Tasikmalaya Iwan Setiawan mengetahui adanya penumpukan sampah di tiang traffic light di perempatan Jalan Siliwangi-BKR-Peta dan di pinggir Jalan Gubernur Sewaka. Penumpukan sampah tersebut sebagai wujud belum sadarnya masyarakat dalam membuang sampah ke tempatnya.

“Menyiasati permasalahan banyak tumpukan sampah di Kota Tasikmalaya, sulit juga,” kata dia kepada Radar, Sabtu (31/2).

Dinas LH akan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya, masyarakat dan pengusaha untuk bersama-sama mengelola atau mengolah sampah. Selain itu, pihaknya akan menempelkan papan imbauan larangan buang sampah di tempat-tempat yang rawan penumpukan sampah. Misalnya di tiang traffic light di perempatan Jalan Siliwangi-BKR-Peta dan Jalan Gubernur Sewaka.

Diwawancara terpisah, penjaga toko di kawasan perempatan Jalan Siliwangi, Aditia (20) meminta Dinas LH lebih rutin mengangkut sampah di Jalan Siliwangi, utamanya di tiang traffic light yang dekat dengan tempat-tempat usaha.

Loading...

“Pedagang nasi goreng mengeluh adanya sampah yang menumpuk di traffic light,” ujar dia.

Pengendara motor di Jalan Siliwangi Erlin (23) menyebutkan, pengangkutan sampah di Jalan Siliwangi harus lebih cepat karena merupakan jalur protokol di pusat kota. “Baru pertama kali melihat tumpukan seperti itu,” kata dia.

Di Jalan Gubernur Sewaka, seorang pemungut barang bekas Didi (65) mengaku tidak tahu pasti siapa pembuang sampah di pinggir jalan itu. Namun, dia melihat pembuang sampah itu para pengendara motor.

“Pemerintah harus masang papan peringatan atau imbauan agar bisa mengatur pengolahan sampah yang ada di Jalan Gubernur Sewaka,” ujarnya. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.