Libur Sekolah, Saatnya Membentuk Karakter Anak

67
0
H Budiaman Sanusi SSos

TASIK – Musim liburan semester ganjil hendaknya dimanfaatkan dengan wisata edukasi atau diisi dengan kegiatan yang mampu mengembangkan minat dan bakat anak.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya H Budiaman Sanusi SSos mengatakan pendidikan keluarga sangat penting dalam pengasuhan dan perkembangan anak. Orang tua harus berperan aktif dalam pendidikan anak baik di rumah maupun di sekolah sehingga akan terjalin kedekatan emosional.

“Bagi orang tua bisa mengarahkan anaknya untuk memanfaatkan kegiatan liburan yang positif sehingga mengoptimalkan pendidikan keluarga,” kata dia kepada Radar, Senin (30/12/2019).

Sambung Budiaman, lingkungan keluarga adalah tempat proses pembentukan mental dan tingkah laku seorang anak. Maka ketika anak libur bisa digunakan untuk membentuk karakter dan pembiasaan yang baik. “Manfaatkan momen liburan untuk meningkatkan minat dan bakat anak,” ujar dia.

Namun, sambungnya, orang tua tetap harus mengawasi dan berhati-hati jangan sampai memforsir fisik anaknya.

Senada, Ketua KKG MI Kota Tasikmalaya Arip Ripandi SPdI menjelaskan peran keluarga dapat meningkatkan motivasi anak untuk belajar. Maka peran orang tua mesti mencari kegiatan yang mengedukasi, bukan hanya sekadar hiburan.

“Saat siswa rehat secara akademik, hendaknya orang tua harus tetap mengarahkan anak saat di rumah dan luar rumah,” katanya.

Lanjutnya, libur sekolah ini sejatinya harus lebih mengembangkan karakter dan kompetensi anak. “Misalnya anak diarahkan untuk ikut serta dalam pengembangan minat dan bakat,” ujarnya. Orang tua juga bisa mengajak anak berkunjung ke sanak saudara untuk silaturahmi dan yang lebih penting memperhatikan sikap spiritualnya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.