Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88%

3.3%

0.3%

6.2%

0%

1.1%

0%

Libur Tahun Baru, Dinkes Pangandaran Siapkan Vaksin Rabies bagi Pengunjung yang..

20
0

PANGANDARAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran sudah mempersiapkan Vaksin Rabies dan Anti Bisa Ular menjelang tahun baru 2020.

Kepala Seksi Pengendalian Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Keshatan Kabupaten Pangabdaran, Yudi Mulyadi mengatakan, penyediaan Vaksin Rabies dan Anti Bisa Ular tersebut untuk mengantisipasi gigitan binatang buas terhadap para wisatawan yang sedang berlibur.

“Antisipasi saja, jika ada pengunjung cagar alam atau pantai yang tergigit oleh binatang buas,” ujarnya kepada Radar, Selasa (19/11).

Menurut dia, pihaknya tidak melakukan pengadaan vaksin tersebut, semuanya sudah disediakan oleh pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Jadi,  kalau perlu langsung mengajukan kepada pihak provinsi, biasanya jumlahnya dibatasi. Kemarin saja kita mendapat jatah 40 vaksin, ” terangnya.

Vaksin tersebut disimpan dibagian Farmasi dan disimpan didalam freezer, agar tetap awet. “Vaksin ini ada kadaluarsanya, sekitar satu tahunan,” jelasnya.

Bila dalam keadaan urgen, kata dia, pihak Puskesmas bisa langsung meminta vaksin kepada farmasi. “Tapi kalau kebutuhannya tidak urgen, Puskesmas harus meminta rekmomendasi ke Dinas Kesehatan,” katanya.

Selama ini, terang dia, kasus gigitan hewan buas di Kabupaten Pangandaran jarang terjadi. “Kalau laporan ke kami terkait gigitan hewan buas hampir tidak ada,” tuturnya.(den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.