Libur Tahun Baru, Wisata Pantai Pangandaran Dibuka, Kawasan Ini Diprediksi Macet

162
0
radartasikmalaya.com
Rapat Koordinasi Lalu Lintas di Mapolresta Tasik, Senin (28/12) siang. rezza rizaldi / radartasikmalaya.com
Loading...

KOTA TASIK – Dibukanya Objek Wisata Pantai Pangandaran, selama liburan tahun baru di masa pandemi membuat petugas Satuan Lalu Lintas Polresta Tasikmalaya bersiaga mengatur jalur bagi pengendara saat waktu arus balik.

Diprediksi, kendaraan arus balik dari arah Pangandaran-Ciamis menuju Tasikmalaya akan membludak pasca perayaan tahun baru mulai Jumat 1 Januari 2021 mendatang.

Apalagi, selama ini hanya Objek Wisata Pangandaran yang tak ditutup selama musim liburan tahun baru masa Pandemi Covid-19.

Sebelumnya diketahui seperti kawasan Puncak-Bogor, Lembang-Bandung dan Garut telah menetapkan penutupan kawasan wisata selama liburan tahun baru.

“Diprediksi arus balik puncaknya pada Jumat (1/1) malam dan Sabtu (2/1) malam,” ujar Kasatlantas Polresta Tasik, AKP Bayu Tri Nugraha, kepada radartasikmalaya.com, seusai rapat koordinasi Lalin di kantornya, Senin (28/12) siang.

loading...

“Kita sudah siapkan skenario pengaturan arus lalu lintas jika sampai nanti terjadi pembludakan kendaraan di kawasan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya,” sambungnya.

Bayu menambahkan, beberapa alternatif pengalihan arus saat terjadi lonjakan kendaraan dari arah Pangandaran-Ciamis Via Tasikmalaya ke Bandung dan Jakarta telah ditetapkan.

Beberapa titik pos jaga telah disiagakan dengan para personel Satlantas Polresta Tasikmalaya yang berjaga selama 24 jam tiap harinya.

Lokasi pos Simpang 3 Pamoyanan menjadi pusat pengendalian pengaturan jalur lalu lintas, Letter U Pamoyanan, Strawberry Kadipaten dan Fly Over Rajapolah disiagakan personel Satlantas dibantu petugas TNI dan unsur pemerintahan.

Adapun pusat pengendalian pantauan arus kedatangan dan balik dilakukan di Pos Letter U Pamoyanan.

“Selain pos penjagaan, nanti para personil akan mengalihkan kendaraan ke beberapa jalur alternatif jika terjadi lonjakan kendaraan saat arus balik,” terang Bayu.

Beberapa jalur alternatif yang disiapkan bagi pengendara dari arah Pangandaran-Ciamis menuju Bandung-Jakarta Via Tasikmalaya, lanjut Bayu, yakni Ciamis-Panumbangan-Pageurageung-Pamoyanan-Kadipaten menuju Limbangan Garut.

Adapun pengendara dari arah Pangandaran-Ciamis yang sudah masuk lewat Kawasan Kota Tasikmalaya bisa melalui jalur alternatif Ciamis-Sindangkasih-Karangresik-Mitrabatik-Jati-Bojongjengkol-Parhon-Terminal Type A Indihiang-Jalan Mangin-Singaparna menuju Garut Kota-Nagrek Bandung.

Selain itu, pengendara bisa melewati Banjar/Ciamis-Manonjaya-Lanud Wiriadinata-Letjen Mashudi-Cisumur-Jalan Swaka-Bunderan Linggajaya-Singaparna menuju Garut Kota-Nagrek Bandung.

“Setelah nantinya ada kendaraan membludak dari arah Pangandaran, kita akan berlakukan pengalihan arus ke beberapa jalur alternatif. Adapun kendaraan berat disediakan beberapa kantong-kantong parkir bagi mengurai kemacetan akibat kendaraan berat,” bebernya.

Selain fokus di jalur Nasional saat Operasi Lilin, kata Bayu, pihaknya pun fokus membantu tim gugus tugas mengatur arus lalu lintas di di dalam kota selama ada larangan perayaan Tahun Baru.

Sehingga, sebanyak 106 persenil Satlantas Polresta Tasikmalaya akan dibagi penugasan pengamanan jalur di 2 titik wilayah kota dan jalur Nasional, selama 24 jam.

“Kita semua Satlantas ada 106 personil dengan 2 titik pengamanan wilayah kota dan jalur Nasional. Kita juga nantinya dibantu jajaran Polsek, TNI dan unsur pemerintahan,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.