Lilin Terjatuh, 3 Bangunan Ludes

34

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

Sekitar pukul 21.00, Jalan Khoer Affandi Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya mendadak macet. Antrean kendaraan terjadi lebih dari 2 Km, kerumunan warga memadati jalan tepatnya di Kampung Awipari Kelurahan Awipari Kecamatan Cibeureum, dimana sejumlah bangunan milik warga hangus terbakar.

Api menghanguskan sebuah rumah warga milik Enur, rumah makan padang milik Reni Sopiani,  tempat service elektronik milik Iwan dan sebuah toko kelistrikan milik H Ooh.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) sibuk memadamkan api yang menyala di sudut bangunan dengan dua unit mobil pemadam dibantu tangki penyuplai air dari BPBD Kota Tasikmalaya.

Pemilik rumah makan padang, Reni Sopiani (31) mengatakan sekitar pukul 20.00 dia mencium bau asap. Tidak lama kemudian diketahui ada kebakaran di tempat service elektronik milik Iwan (30) yang menyatu dengan tempat usahanya. “Saya gedor-gedor tapi ternyata tidak ada orang, mungkin lagi keluar,” ungkapnya kepada Radar.

Saat dia hendak menyelamatkan barang, api sudah melalap atap rumah makannya. Sehingga dia langsung fokus mencari anaknya. Reni bersama suaminya Ara Indrawansyah (43) dan anaknya Rahma (3) berhasil keluar dengan selamat. “Saya sampai gusur anak saya karena api sudah ada membakar atap rumah,” katanya.

Tak ada satu pun barang berharga yang bisa diselamatkan, perhiasan, dokumen, uang dan benda lainnya ditinggalkan di rumah makan yang dilalap api itu. Namun, dia bersyukur masih diberi keselamatan dari kejadian tersebut. “Hanya pakaian yang nempel saja yang bisa kebawa,” tuturnya.

Menurutnya, api berawal dari lilin karena saat kejadian kondisi sedang mati listrik sejak Magrib. Diduga lilin jatuh dan membakar serta gas elpiji yang membuat kebakaran semakin hebat. “Ada ledakan juga, sepertinya itu gas elpiji,” katanya.

Kabid Damkar Kota Tasikmalaya Molyono mengatakan api berhasil dipadamkan setelah satu jam. Namun, pukul 22.00 baru selesai karena pihaknya perlu melakukan upaya pendinginan supaya api tidak kembali muncul.

Kapolsek Cibeureum AKP Suharto menegaskan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Diduga, kebakaran dipicu oleh lilin di tempat service elektronik yang menyatu dengan rumah makan padang. “Informasi sementara dari lilin,” singkatnya. (rga)

loading...