Lima Desa Dapat Program Revitalisasi Perpustakaan

61
0
PERPUSTAKAAN DESA. Kepala Desa Baunyuresmi Saepudin menunjukkan perpustakaan desa, Selasa (28/5). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Sebanyak lima desa di Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan program revitalisasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tasikmalaya, Asep Ridwan kepada Radar, Selasa (28/5).

Asep menjelaskan lima desa tersebut yakni Desa Cukangkawung, Desa Cukangjayaguna Kecamatan Sodonghilir, Desa Sukaresik, Desa Banyuresmi Kecamatan Sukaresik dan Desa Manggungjaya Kecamatan Rajapolah. “Kita dapat jatah revitalisasi sebanyak 5 desa dari program Perpustakaan Nasional untuk tahun ini,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Kata Asep, program ini bertujuan memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas SDM masyarakat. Salah satunya melalui peningkatan kemampuan literasi, kreativitas dan mengurangi kemiskinan akses informasi. “Masing-masing lima desa ini mendapatkan tiga komputer, buku dan fasilitas lainnya untuk pelayanan agar masyarakat bisa belajar komputer dan meningkatkan minat baca,” ungkapnya.

Pemberian bantuan ini, kata dia, tidak asal-asalan penentuannya. Karena lima desa terpilih sudah masuk survei oleh Perpustakaan Nasional yang melihat kelayakan dan kesiapan masyarakat serta pemerintah desa. “Program ini juga diikuti dengan pendidikan dan pelatihan bagi para pengelola perpustakaan tersebut,” terangnya.

Selain sarana meningkatkan literasi, kata dia, perpustakaan di desa pun bisa dijadikan sarana kegiatan dalam peningkatan inovasi masyarakat untuk menunjang pertumbuhan ekonomi. “Jadi bisa dipergunakan untuk pelatihan keterampilan komputer, sehingga turut serta dalam mencerdaskan bangsa,” harapnya.

Kepala Desa Baunyuresmi Ke­ca­matan Sukaresik, Saepudin meng­apresiasi dengan hadirnya program perpustakaan ini. “Kami akan manfaatkan perpustakaan ini dengan baik untuk mencerdaskan generasi muda di desa,” terangnya.(obi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.