Limbah Laut Diolah Jadi Perhiasan

0

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PADANG – Warga Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengolah kayu-kayu yang berserakan di pinggir pantai menjadi perhiasan yang cantik dan mempunyai daya jual.

“Kayu-kayu yang awalnya jadi sampah, diolah dengan kreatif hingga menjadi perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, dan lainnya,” kata Dosen Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Padang Syafwandi di Padang Minggu (23/9).

Kayu-kayu itu awalnya dipilih dari pantai dengan melihat tekstur dan bentuk yang dibutuhkan, kemudian digabung dengan resin. ”Ketika kayu sudah diletakkan di dalam resin maka bentuknya tidak akan berubah dan mengkilat, sehingga cocok sebagai aksesoris yang menarik,” katanya,

Kreativitas yang dimulai Syawandi bersama enam mahasiswa DKV sejak enam bulan lalu itu, kini bisa menghasilkan uang melalui penjualan seharga Rp 60 ribu per item.

Mahasiswa DKV yang ikut dalam proses kreatif, Jalinus, mengatakan satu orang kini bisa memproduksi 30 buah di antaranya gelang, cincin, dan lainnya. “Kalau untuk membuat bentuknya tidak butuh waktu lama, karena ada cetakan dari silikon, yang lama itu menunggu resin kering,” katanya. (ant/fin)

loading...