Anggota Barli Sudah 3.673,Tersebar di 39 Kecamatan

Lina Banyak Didekati Parpol

194
0
LIna Ruzhan

TASIK – Nama Lina Ruzhan semakin santer diprediksi maju sebagai kandidat bakal calon Bupati Tasikmalaya di Pilkada 2020. Ini seiring dengan banyaknya partai politik yang mencoba mendekati istri Wakil Gubernur Jawa Barat tersebut.

Hal itu ditegaskan Ketua Barisan Lina (Barli) Septian Hadinata. Menurutnya, istri dari H Uu Ruzhanul Ulum tersebut mulai didekati partai politik yang siap menampungnya sebagai kandidat bakal calon di Pilkada 2020.

”Dengan mencuatnya nama Lina Ruzhan ke publik (layak menjadi kandidat, Red), menarik simpati parpol untuk berkomunikasi. Tetapi masih bersifat non formal,” ujarnya kepada Radar, Kamis (27/6).

Namun, dirinya tidak bisa menyebutkan parpol mana saja yang mencoba mengajak Lina Ruzhan. ”Tidak etis kalau disebut partai mana saja, karena Bu Lina sendiri belum menyatakan kesiapan maju,” tuturnya.

Hingga kini, kata Septian, Lina Ruzhan masih belum buka suara terkait wacana maju di Pilkada 2020. Dirinya pun sebagai Ketua Barli menyerahkan keputusan maju tidaknya kepada yang bersangkutan. “Itu hak Bu Lina, dan saya sebagai Ketua Barli akan mengikuti setiap keputusan yang diambil,” tuturnya.

Lina yang merupakan dewan pembina Barli, tambah Septian, masih fokus menjalankan kegiatan sosial dalam upaya membantu masyarakat. Selain menjalankan peran sebagai Wakil Ketua Penggerak PKK Jawa Barat.

“Jadi Barli dan Bu Lina belum masuk ke ranah politik, dan kita tidak membicarakan (niat maju, Red) atau memiliki persiapan khusus menghadapi pilkada,” paparnya.

Tetapi, pihaknya mewakili Barli mengucapkan terima kasih kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Tasikmalaya, yang menilai Lina Ruzhan layak diusung menjadi kandidat di Pilkada. ”Itu (dorongan maju, Red) merupakan apresiasi dan penghargaan dari masyarakat, terhadap sosok Lina Ruzhan,” paparnya.

Sebab, tambah Septian, baik Barli maupun Lina Ruzhan tidak bisa melarang masyarakat berpendapat soal kelayakan maju sebagai kandidat. ”Dorongan itu hak masyarakat, dan wajar apabila banyak parpol yang ingin berkomunikasi dengan Bu Lina,” tuturnya.

Barli sendiri, kata Septian, dibentuk tahun 2016, atas inisiastif Lina Ruzhan. Yang awalnya hanya komunitas antar teman Lina Ruzhan. Baik teman sekolah, perguruan tinggi hingga usaha. “Jaringan Barli kini sudah dikembangkan di 39 kecamatan di 351 desa di Kabupaten Tasikmalaya. Dengan anggota aktif sebanyak 3.673 orang,” tuturnya.

Sebelumnya kepada Radar, Lina mengaku kaget ketika di gadang-gadang akan maju sebagai kandidat calon bupati. ”Saya tidak tahu, mulanya dari mana (namanya masuk kandidat, Red). Jujur saya juga kaget,” ujarnya kepada Radar, Rabu (12/6).

Lina yang merupakan penggagas komunitas Barisan Lina (Barli) itu, mengaku tidak bisa menjawab apapun terkait Pilkada Tasik 2020. “Saya tidak bisa menjawab apapun untuk urusan yang satu itu (maju tidaknya di Pilkada, Red). Nanti nunggu takdir Allah saja,” ungkapnya.

Saat ditanya apakah dirinya memiliki niat maju sebagai bakal calon bupati? Lina menegaskan belum tersirat memikirkan hal tersebut. “Niatan nanti saja, apapun gerak dan langkah saya selalu atas izin suami. Jadi saya tidak berani bicara apa-apa sekarang,” tuturnya.

Terkecuali, kata Lina, sang suami sudah memberikan lampu hijau dengan memberikan isyarat maju menjadi bakal calon bupati. “Apapun langkah yang akan dilakukan asal ada izin dari suami,” tegasnya.

Menurutnya, hingga kini suaminya belum memberikan sinyal yang berkaitan dengan Pilkada 2020. “Masih senyum-senyum saja, masih tertawa. Jadi saya juga belum bisa mengartikan apa-apa,” terang dia.

Sebetulnya secara pribadi, kata Lina, dirinya tidak terlalu bersemangat menjadi apapun atau mengejar jabatan. ”Masih fokus di Barli (kegiatan sosial, Red), kemudian masih senang di dunia bisnis dan usaha,” tuturnya.

Ketika disinggung apakah sudah ada partai politik yang berkomunikasi soal Pilkada? Lina dengan tegas menjawab belum ada satu pun. ”Belum ada, nunggu instruksi bapak (suami) saja,” tambahnya.

Lina pun sempat menjelaskan didirikannya Barli bukan sebagai wadah dirinya bersosialisasi ke masyarakat, namun lebih kepada kegiatan bakti sosial dalam upaya membantu masyarakat. “Saya membentuk Barli, untuk memfasilitasi warga di Kabupaten Tasikmalaya lebih berdaya serta mampu mengembangkan kreativitas,” tegas Lina mengakhiri.

Seperti diketahui, nama Lina Ruzhan masuk sebagai salah satu kandidat bakal calon Bupati Tasikmalaya bersama H Cecep Nurul Yakin, KH Arif Maosul Affandy serta KH Didi Abdul Hadi yang digadang-gadang akan diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Tasikmalaya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.