Lingkungan Hidup Sosialisasi Pola 3R

304
0
DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA SOSIALISASI. Kabid Pengolahan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya Atep Dadi Sumardi menyampaikan program TPS3R di Hotel Harmoni Kamis (26/10).

TASIK – Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Tasikmalaya menyosialisasikan pengolahan sampah dengan pola 3R (reuse, reduce and recycle) kepada camat, kepala desa dan kelompok swadaya masyarakat di Hotel Harmoni Kota Tasikmalaya Kamis (26/10). Melalui sosialisasi ini, pihaknya mengajak masyarakat mengolah sampah dengan benar.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya Dadan Wardana berharap camat, kepala desa dan kelompok swadaya masyarakat bisa menyampaikan kembali cara pengolahan sampah dengan pola 3R kepada masyarakat. Camat dan kades pun harus menyediakan lahan bagi masyarakat untuk melaksanakan program pengolahan sampah dengan pola ini.
Dadan menjelaskan masalah sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Masyarakat juga harus ikut membantu pemerintah menangani sampah dengan cara mendaur ulang sampah menjadi barang yang mempunyai nilai jual atau menjadi pupuk untuk pertanian. Cara pandang masyarakat terhadap sampah harus diubah bahwa sekarang sampah mempunyai nilai ekonomis.
Fasilitator Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Jawa Barat Taufik Hamdani mengatakan kegiatan sosialisasi pengolahan sampah dengan pola 3R tingkat kabupaten merupakan program Kementerian PUPR yang berbasis masyarakat.
Program pengolahan sampah dengan pola 3R ini, terang dia, tidak hanya terpaku pada pemberdayaan masyarakat tetapi bagaimana memilah langsung sampah untuk didaur ulang menjadi barang bernilai. ”Dalam program ini harus dibentuk kelompok seperti swadaya masyarakat yang mengelola tempat pengolahan sampah dengan pola 3R (TPS3R). Ada iuran untuk memproduksi barang dari sampah,” tambahnya. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.