Literasi Membentuk Karakter Anak Muda

66
0
DISKUSI. Pegiat literasi Faiz Ahsoul dan Sekjen PP FTBM Indonesia Ariful Amir berdiskusi dengan komunitas pecinta buku di Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya Sabtu (15/6). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Pegiat Literasi asal Yogyakarta Faiz Ahsoul mengajak kaum muda di Tasikmalaya untuk menggiatkan literasi sebagai upaya pembentukan karakter generasi masa depan.

Hal itu diungkapkan Faiz saat menjadi pembicara dalam acara bedah esai di Jalan Sukagenah Kampung Nagarasari Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya Sabtu (15/6).

Ia mengatakan, bentuk giat literasi tersebut di antaranya membaca buku dan menulis. Namun, tak sekedar membaca tapi harus memahami makna dari bacaan tersebut.

“Kita dibekali lima panca indera, sebagai wadahnya literasi. Dengan membaca bisa mencerna dan memaksimalkan makna yang tersurat dan tersirat dalam buku tersebut,” katanya. Setelah membaca, idealnya mampu membentuk manusia yang lebih bijak dan produktif.

Selain meningkatkan daya baca membaca, sambungnya, dalam giat literasi yang tak kalah penting yakni menulis. Ia menambahkan, kunci pertama dalam menulis bukan dengan berpikir, melainkan mengungkapkan apa yang dirasakan.

“Harus dipahami konsep menulis yang benar, yaitu diawali dengan mulai menulis. Setelah itu, perbaiki tulisan dengan pikiran,” tambahnya. Intinya, kata ia, skill menulis ini akan terasah seiring jam terbang. “Maka mulailah menulis. Semakin banyak menulis, kemampuan dan insting akan semakin terasah,” ajaknya.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Forum Taman Bacaan Masyarakat (PP FTBM) Indonesia Ariful Amir menyampaikan literasi merupakan bagian dari pembentukan jati diri generasi muda. Adanya adanya forum taman bacaan masyarakat bisa menjadi life style yang mendorong magnet masyarakat untuk berliterasi.

“Minat dan daya baca masyarakat masih perlu didongkrak,” kata dia. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.