Liverpool vs Everton, Pembuktian Bek Termahal

107
0
Virgil van Dijk

LIVERPOOL – Virgil van Dijk digadang-gadang menjadi kepingan puzzle terakhir bagi lini belakang Liverpool. Didatangkan dengan banderol GBP 75 juta (Rp 1,36 triliun) dari Southampton maka harga tersebut membuatnya bek termahal dunia.
Dan Van Dijk pun disiapkan ‘panggung’ megah untuk menjalani debutnya bareng Si Merah. Semua mata tertuju jika Van Dijk dimainkan dalam Derby Marseyside edisi ke-230 yang dilangsungkan dini hari nanti (6/1) di Anfield pada babak ketiga Piala FA. SiapkahVan Dijk?
Seperti diberitakan Daily Mail kemarin (4/1) bek kelahiran Breda Belanda tersebut sudah bergabung dengan pemain Liverpool lain dalam sesi latihan perdananya di Melwood. Van Dijk terlihat nyaman juga tak kesulitan membaur dalam barisan pemain Liverpool seperti Sadio Mane maupun Ragnar Klavan.
Dalam situs resmi Liverpool, pelatih Liverpool Juergen Klopp mengatakan tak akan terlalu terburu-buru memainkan bek 26 tahun itu. Toh, sejak kepindahannya pekan lalu (28/12) kemarin adalah latihan perdananya.
“Kami membuat serangkaian tes untuknya sehingga kami tahu sejauh mana kondisinya. Tak perlu harus mematok (waktu) kapan dia (Van Dijk, Red) akan tampil,” kata Klopp.
Meski demikian rekan-rekan setim Van Dijk tak sabar ‘berpetualang’ di lapangan bareng bekas bek Celtic dan Southampton tersebut. Penyerang Liverpool Roberto Firmino kepada Liverpool Echo bersyukur tak lagi harus berhadapan dengannya. “Dia sungguh bek yang sangat andal. Selalu sulit buat melewati pemain seperti dia karena dia menjaga para penyerang dengan sangat ketat dan saya pikir dia bek berkualitas jempolan,” ucap Firmino.
Bekas penyerang Hoffenheim tersebut mengatakan dengan tinggi badan yang mencapai 193 sentimeter sulit bagi lawan-lawannya untuk menang duel udara dengannya. Kemudian dari latihan perdananya, menurut Firmino, keseimbangan tubuh Van Dijk serta kekuatan fisiknya sangat luar biasa.
Versi Sky Sports Van Dijk adalah satu dari empat bek tengah Premier League musim lalu yang dalam 60 penampilannya tak membuat satupun eror yang menyebabkan gol untuk pertahanan timnya.
Dalam 12 kali penampilan bersama Southampton, Van Dijk melakukan intersep 2,4 kali per laga. Kemudian rata-rata 6,5 kali clearance dan 1,1 kali blok. Catatan penting lainnya Van Dijk tak sering overlap membantu penyerangan dan angka dribel per laganya 0,1 kali per laga.
“Saya berharap kehadirannya bisa membantu kami semaksimal mungkin. Saya berpikir siapapun yang datang ke klub kami, mereka membawa kemampuan terbaik mereka dan berguna mengangkat performa tim ini,” ujar Firmino.
Di sisi lain, jika Van Dijk diturunkan dalam pertandingan versus Everton siapakah bek pendamping yang akan dipasang? Dalam survei yang dilakukan oleh Empire Of The Kop, Joel Matip serta Ragnae Klavan menjadi favorrit ketimbang Dejan Lovren. (dra)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.