Logistik Pemilu untuk Disabilitas di Pangandaran Belum Lengkap

16
CEK KEKUATAN. Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin mencoba kekuatan kotak suara di salah satu hotel Kamis (14/3). Sampai saat ini KPU Pangandaran masih menunggu kiriman sebagian template surat suara.

PANGANDARAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran menyebutkan bahwa logistik pemilu untuk disabilitas sampai Kamis (14/3) belum lengkap. Mereka belum menerima semua template surat suara.

”Template yang baru kita terima itu untuk pemilihan Presiden dan DPD saja, sementara yang lainnya belum ada pemberitahuan kapan datangnya,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin kepada Radar Kamis (14/3).

Muhtadin menambahkan, template dibutuhkan untuk tiap tempat pemungutan suara (TPS). Karena satu template itu digunakan oleh semua pemilih disabilitas. ”Jadi dipakai bergiliran saja. Tidak satu orang satu,” jelasnya.

Sementara untuk teknis pendampingan saat pencoblosan, menurut dia, kaum disabilitas akan didampingi pihak keluarga.

”Tapi kalau mau didampingi secara khusus, nanti ada formulir khusus untuk pendampingan disabilitas,” jelasnya.

Di Pangandaran, di­sa­bilitas yang masuk ke­dalam daftar pemilih tetap (DPT), menurutnya, sekitar 800 orang. ”Dengan kriteria tunanetra, tu­na­rungu, gangguan mental, istilahnya pemilih dengan ke­butuhan khusus,” ujarnya.

Kaum disabilitas, kata dia, mengikuti sosialisasi. Materinya disampaikan relawan demokrasi (relasi). ”Sebelum hari H, kita ada sekitar 15 kegiatan lagi, untuk memastikan bahwa sosialisasi sudah tersampaikan kepada calon pemilih,” ujarnya.

Dia berharap kaum disabilitas bisa me­nyalurkan hak suaranya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.