Lokasi Pelaksanaan Wisuda Unsil Diprotes, Ini Penyebabnya

1827
0
DIBENAHI. Sejumlah pekerja tengah membenahi lapangan upacara Unsil yang informasinya akan dijadikan lokasi pelaksanaan wisuda, Selasa (23/7). Rangga Jatnika / Radar Tasikmalaya

SILIWANGI – Universitas Siliwangi dalam waktu dekat ini akan menyelenggarakan wisuda untuk para mahasiswanya yang telah dinyatakan lulus. Akan tetapi, hal ini menuai protes dari sebagian besar calon wisudawan soal tempat pelaksanaan.

Hal ini bermula dari informasi lokasi pelak­sanaan wisuda di lapangan upa­cara. Sebagian ca­lon wisudawan pun bereaksi. Pa­sal­nya tahun-ta­hun sebelumnya, wi­­suda selalu dilak­­sa­nakan di da­lam Gedung Mandala.

Ketua BEM FKIP Sidki Yajidil Mala mengatakan pihaknya telah mendampingi para calon wisudawan melakukan audien­si ke pihak lembaga Unsil. Mereka meminta supaya pelaksanaan wisuda dilakukan di dalam gedung. “70 persen (calon) wisudawan itu menolak pelak­sanaan di lapang upacara,” kata dia kepada Radar, Senin (23/7).

Alasannya, pelaksanaan di lapangan dinilai kurang kondusif untuk kegiatan yang cukup sakral. Dikhawatirkan akan ada gangguan-gangguan teknis yang bisa merusak kekhidmatan acara. “Lebih kepada kondusivitas sih,” tutur dia.

Selain itu, kata Sidki, anggaran pelaksanaan wisuda di lapangan pun dinilai akan lebih besar. Pasalnya lembaga harus membangun tenda-tenda yang tentunya menambah beban biaya. “Anggaran juga harus dipertimbangkan,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi, Senat Universitas Siliwangi Prof Dr Maman Suryaman Ir MS belum bisa banyak berkomentar. Pihaknya akan menampung aspirasi tersebut untuk dibahas dalam sidang senat tertutup. “Nanti akan dibahas dalam sidang tertutup hari Kamis,” ujarnya.

Pantauan Radar, sejumlah pekerja tengah mendirikan tiang-tiang besi di lapangan upacara Unsil. Disinggung soal pelaksanaan wisuda di lapangan, Maman belum bisa mengonfirmasinya. “Karena secara formal saya juga belum dapat pemberitahuan dari rektor,” kata dia. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.