Longsor di Kadipaten Tasik, 1 Rumah Ambruk

57
0
ISTIMEWA DIEVAKUASI. Anggota Tagana bersama warga mengevakuasi puing-puing rumah akibat longsor di Desa Buniasih Kecamatan Kadipaten, Kamis (14/1).
Loading...

KADIPATEN – Hujan deras yang mengguyur wilayah Tasik Utara tidak hanya berdampak terhadap luapan air Sungai Citanduy dan Cikidang yang menyebabkan banjir di Sukaresik.

Tapi, hujan pun berdampak terhadap longsor di Kecamatan Kadipaten yang menyebabkan satu rumah ambruk, Kamis (14/1).

Satu rumah milik warga terbawa longsor dan ambruk. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian diperkirakan sekitar Rp 10 juta. Hal itu diungkapkan Ketua Forum Komunikasi (FK) Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetya kepada Radar, kemarin.

Dia mengatakan, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat relawan bencana dan Tagana langsung mendatangi lokasi longsor, karena diketahui ada satu rumah yang terdampak.

“Ada satu rumah warga yang ambruk akibat tanah longsor di Kampung Nyalindung Desa Buniasih Kecamatan Kadipaten. Namun, tidak ada korban jiwa karena penghuninya segera menyelamatkan diri keluar,” ujarnya.

loading...

Baca juga : Jadwal Shalat Wilayah Kota Tasik 15 Januari 2021

Menurut dia, upaya yang dilakukan oleh relawan bencana dan Tagana yaitu mendata dan melakukan pembersihan material tanah longsor yang menimpa satu rumah warga.

“Kami sudah meminta kepada penghuni rumah agar mengosongkannya dan mengungsi ke rumah saudara atau kerabat terdekatnya, karena ini sudah berbahaya,” jelas dia.

Proses evakuasi pun dilakukan dengan bergotong royong, karena rumah tersebut tepat berada dekat tebing yang terkena longsor. Namun, material bangunan yang belum ambruk sepenuhnya ditarik menggunakan tali supaya tidak menimpa rumah yang ada di bawahnya.

Anggota Tagana Kabupaten Tasikmalaya Asep Saepuloh menambahkan, selain Tagana, Babinsa, Babinkamtibmas, desa, RT dan tokoh masyarakat membantu evakuasi rumah yang terdampak longsor.

“Masyarakat di sekitar diminta untuk berhati-hati terhadap cuaca buruk dan mengungsi ke rumah saudara atau keluarga yang aman,” tambah dia. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.