Longsor Mengancam dan Merusak Rumah

13

CIAMIS – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis mencatat dua laporan bencana longsor di Kecamatan Pamarican dan Baregbeg yang terjadi pada Selasa dan Rabu (4-5/12).

Longsor di Kecamatan Pamarican terjadi di Dusun/Desa Pamarican RT 08 RW 02 pada Selasa (4/12) sekitar pukul 18.00. Longsoran sepanjang 15 meter dengan ketinggian empat meter yang jatuh dari tebing itu mengancam rumah milik Hasan (65) dan Sasta (47).

“Kami ingatkan kepada dua warga tersebut, bila terjadi hujan agar waspada saja. Karena bisa kapan saja longsor depan rumahnya terjadi,” terang Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya kepada Radar, Rabu (5/12).

Adapun di Kecamatan Baregbeg, tembok penahan tebing (TPT) longsor dan menjebol rumah Rusmini (65) di Dusun Nangewer RT 03 RW 02 Desa Jelat pada Rabu (5/12) sekitar pukul 01.00. Akibatnya ruang kamar, tamu dan ruang tengah rusak. Beruntung korban berhasil melarikan diri saat peristiwa ini terjadi. Sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. Adapun tinggi TPT yang ambruk itu mencapai lima meter dengan lebar tujuh meter.

Sementara itu, saat kejadian Rusmini belum tidur. Dia sedang berada di tengah rumah bersama anaknya, Ihat (30). Tiba-tiba rumah bergoyang seperti gempa. Makanya mereka langsung kabur keluar rumah. “Saya sekarang mengungsi di rumah saudara dulu. Karena rumah tidak layak pakai dan perlu perbaikan,” papar Rusmini. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.