Longsor Menimpa Dua Rumah Di Langkaplancar Tasikmalaya

17
GOTONG ROYONG. Warga dan relawan membantu menyingkirkan material longsor di rumah Rohiman(36), warga Dusun Cibeureum RT/RW 02/01 Desa Cimanggu Kecamatan Langkaplancar Selasa (4/12).

LANGKAPLANCAR – Hujan yang mengguyur wilayah Pangandaran sepanjang malam mengakibatkan dua rumah tertimpa longsor. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, warga dan sejumlah relawan langsung bergerak membantu evakuasi material longsor.

Tarli Sutarli, anggota Tagana Kecamatan Langkaplancar mengatakan longsor terjadi sekitar pukul 24.00 menimpa dua rumah warga, yakni rumah milik Rohiman (36), warga Dusun Cibeureum RT/RW 02/01 Desa Cimanggu Kecamatan Langkaplancar dan rumah Mis’an(28), warga Dusun Cibeureum RT/RW 01/01 Desa Cimanggu Kecamatan Langkaplancar.

“Keluarga korban sementara kita ungsikan, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya bagian belakang rumah yang rusak,” ungkapnya keada Radar.

Dikatakan Tarli, dua rumah yang terkena lungsor berada di tepian tebing sehingga rawan tergerus longsor. “Memang kedua rumah itu sampingnya sama-sama tebing tanh yang kemiringannya lebih dari 60 derajat sehingga cukup berbahaya ketika hujan deras,” ungkapnya.

Untuk menghindari longsor susulan, warga dan relawan bahu membahu membersihankan material longsor. “Kita juga sudah melaporkan kejadian ini ke Dinas Sosial serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, mudah-mudahan segera ditindaklanjuti untuk bantuan kebutuhan dasar para korban,” ujarnya.

Sementara itu, Pembina Tagana Kabupaten Pangandaran Aang Sutarman meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan. “Kami berharap warga tetap siaga dan waspada saat intensitas hujan tinggi lebih dari dua jam, terutama warga yang tinggal di wilayah rawan banjir,” ungkapnya.

Dikatakannya, selain mengamankan jiwa, barang-barang berharga juga sebaiknya diamankan untuk menghindari kemungkinan banjir sewaktu-waktu terjadi.

“Beberapa kali kami menemu­kan warga yang peralatan elek­tronik­nya seperti televisi, laptop dan telepon seluler terendam banjir, padahal penghuninya sudah biasa terkena banjir musiman, lebih baik antisipasi. menyimpan barang-barang berharga di tempat yang lebih tinggi,” ungkapnya. (nay)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.