Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

4.8%

41.9%

14%

1.4%

26.6%

0%

10.8%

0%

Lorenzo Akhirnya Pensiun

10
0
motogp.com PENSIUN. Pembalap Repsol Honda Jorge Lorenzo menyatakan pensiun dari MotoGP usai seri terakhir musim ini di Valencia.

MADRID – Pembalap Repsol Honda Jorge Lorenzo akhirnya mengumumkan pengunduran dirinya dari MotoGP, tiga hari sebelum race Valencia akhir pekan ini.

Pengumuman itu disampaikan dalam konferensi pers khusus, Kamis (14/11) sore. Juara dunia lima kali itu menegaskan bahwa dirinya tidak akan memperpanjang kontrak di tahun kedua bersama tim yang melambungkan nama Marc Marquez tersebut.

Lorenzo menyampaikan sejumlah alasan pengunduran dirinya. Salah satunya, cedera yang membekapnya sekian lama. Cedera patah tulang yang dideritanya pada race seri Assen menjadi faktor utama ia mengambil keputusan tersebut.

“Saya selalu berpikir ada empat hari penting dalam kehidupan rider, balapan pertamanya, kemenangan pertama, kejuaraan dunia pertama, dan terakhir adalah pensiun,” katanya seperti yang dilansir dari Crash, kemarin.

“Seperti yang Anda bayangkan, saya di sini untuk mengumumkan pengunduran diri saya. Valencia akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP,” tambah pembalap asal Spanyol tersebut.

Lorenzo memilih pensiun di usia terbilang muda yakni 32 tahun. Selama kariernya di MotoGP, Lorenzo telah mengemas 44 kemenangan, 114 kali naik podium dari 202 penampilannya. “Saya mulai berpikir tentang pensiun setelah cedera di Assen dan membuat keputusan akhir (pensiun) setelah tahun terbaik saya di Malaysia,” ujarnya.

Pada musim MotoGP 2010, Lorenzo meraih juara dunia pertama kalinya saat naik podium di seri Sepang, Malaysia pada 2010. Ini menjadi kesan paling spesial dalam hidupnya.

Dalam wawancara emosional itu, Lorenzo sesekali berhenti dan mengendalikan emosinya untuk tetap tenang. Ia juga meminta maaf kepada Honda dan manajer tim Alberto Puig yang pernah mengatakan bahwa dirinya tampil mengecewakan musim ini.

“Tapi saya pikir ini adalah keputusan terbaik karena Honda dan Jorge Lorenzo sama-sama pemenang. Kita perlu berjuang untuk menang,” ujar CEO Repsol Honda Dorna Carmelo Ezpeleta yang mendampinginya dalam sesi wawancara kemarin.

“Dalam waktu dekat, kami akan berbicara dengan FIM untuk memberikan gelar Jorge sebagai Legenda MotoGP di seri Jerez, besok,” tambah Ezpeleta.

Dari info yang beredar, mantan rider Ducati Johann Zarco menjadi kandidat favorit pengganti Lorenzo bersama juara bertahan Marc Marquez, musim depan.

Lorenzo bergabung dengan MotoGP sebagai juara dunia 250cc di tahun 2008. Bersama Yamaha, selama kariernya di MotoGP, Lorenzo sudah 3 kali menjuarai kelas MotoGP. Tepatnya tahun 2010, 2012 dan 2015 bersama sang kuda besi, Yamaha YZR-M1.

Sebelumnya, Lorenzo sudah 2 kali juara MotoGP kelas GP250 di tahun 2006 dan 2007 mengendarai motor Aprilia RS250.

Setelah sukses bersama Yamaha, Lorenzo memutuskan hijrah ke Ducati tahun 2017. Sayangnya, ia tak bisa mengendalikan Ducati Desmosedici GP17 dan meminta pergantian sepeda motor.

Meski sempat beberapa kali meraih juara dan podium, Lorenzo akhirnya pindah ke Repsol Honda karena kecewa dengan keputusan Ducati yang keukeuh keputusan menolak permintaan Lorenzo.

Sayangnya, keputusannya memilih Honda ternyata tidak optimal hingga memutuskan pensiun di tahun ini. (fin/tgr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.