LPLHI Akan Survei TPS Liar

33
0
BERCECERAN. Sampah berceceran ke trotoar di sekitaran TPS Jalan Letnan Harun Kecamatan Bungursari, Rabu (3/4). Firgiawan / Radar Tasikmalaya
Loading...

BUNGURSARI – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Indonesia (LPLHI) Kota Tasikmalaya berencana menyurvei sejumlah tempat pembuangan sementara (TPS) sampah liar. Langkah tersebut sebagai upaya untuk mengetahui penyebab masyarakat membuang sampah sembarangan.

“Kami akan lakukan survei, mendata dan meninjau secara faktual supaya mengetahui apa saja faktor masyarakat masih berperilaku kurang baik (buang sampah sembarangan, Red.),” ujar Ketua DPD LPLHI Kota Tasikmalaya Asep Devo, Rabu (3/4).

Analisis sementara, kata dia, kurangnya TPS yang disediakan pemerintah bisa membuat masyarakat membuang sampah sembarang. “Kami juga sadari, banyak masyarakat luar daerah yang membuang di wilayah-wilayah perbatasan. Maka, nanti hasil survei akan kita kaji dan memberi masukan kepada dinas terkait. Termasuk DPRD supaya mendorong penganggaran berkaitan penanganan sampah secara serius,” tutur dia.

Sementara berdasarkan pantauan Radar, kemarin, di Jalan Letnan Harun Kecamatan Bungursari banyak sampah yang dibuang sembarangan. Padahal, di jalur itu ada dua TPS yang disediakan oleh Satuan Tugas (Satgas) Resik. “Sering saya lewat ke sini, memang tidak elok pemandangannya. Mungkin karena sepi pemukiman jadi seperti ini, tidak ada yang mengawasi,” ucap pengguna jalan, Mohhamad Irwan (28).

Pengguna jalan lainnya, Nani Yusnani (38) menyebutkan, beberapa ruas jalan yang sepi penduduk dan jalur perbatasan kerap dijadikan tempat pembuangan sampah sembarangan.

Loading...

“Banyak memang seperti di Jalan Gubernur Sewaka, kita lihat juga sering dijadikan tempat membuang sampah. Harusnya pemerintah bisa menyisir, sebab kita kan pernah dijuluki Kota Resik,” ucap dia. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.