Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Luapan Sungai Harus Ditangani Serius

117
0
UJANG NANDAR / RADAR TASIKMALAYA MELEWATI. Pengendara sepeda motor melewati jalan yang terdampak banjir di Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaresik, Senin (26/2).

FORUM Tasik Utara Bangkit (FTUB) meminta pemerintah terkait melakukan langkah yang serius dalam penanganan banjir di Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaresik. Sehingga banjir tidak menjadi siklus tahunan atau kebiasaan yang selalu dialami warga.

Ketua Umum FTUB Ato Rinanto menjelaskan banjir Sukaresik selalu berulang ketika debit air di Sungai Citanduy dan Cikidang meluap. “Banjir ini sudah sangat lama terjadi dan berulang, tapi belum ada langkah yang pasti meminimalkan atau bahkan menghilangkan banjir ini. Maka dari itu kami minta pemerintah terkait memberikan penangan serius terhadap banjir ini,” terangnya kepada Radar, Senin (26/2). Langkah serius yang dilakukan bisa melalui penataan wilayah sungai sampai pengerukan.

Menurutnya, selama kedua sungai itu belum ada penataan atau pengerukan, maka banjir akan terus terjadi di Desa Tanjungsari. Bahkan ke depan dikhawatirkan air yang masuk permukiman warga bisa semakin besar, jika terus dibiarkan seperti ini. “Beberapa tahun lalu pernah terjadi banjir yang cukup besar, bahkan sampai merendam rumah warga,” ucapnya.

Wawancara terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Ria Supriatna mengatakan dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengundang Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), untuk membahas solusi dalam menangani banjir Sukaresik. “Salah satu upayanya mungkin melakukan sodetan yang sudah menjadi program nasional,” katanya.

Tambah Ria, memang banjir di Desa Tanjungsari akan selau naik turun, jika melihat kondisi cuaca saat ini. Di mana hujan besar selalu terjadi di Hulu Sungai Citanduy yang berdampak kepada debit air di Desa Tanjungsari. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.