LUAR BIASA Peningkatan Kasus Covid-19 di Kota Tasik

186
0
radartasikmalaya.com
Ilustrasi Positif Covid-19
Loading...

KOTA TASIK – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya menilai peningkatan kasus Covid-19 di wilayahnya sudah masuk kategori luar biasa.

Ia menyebutkan, angka terkonfirmasi positif Covid-19, Senin (30/11) sore, sudah hampir menembus 710 kasus, di mana 254 orang di antaranya masih menjalani isolasi.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasik, sebanyak 432 orang telah dinyatakan sembuh, 254 masih menjalani isolasi, dan 24 orang meninggal dunia.

“Itu kan sudah melebihi daya tampung tempat isolasi. Jadi kita jajaki untuk sewa hotel untuk tempat karantina,” kata dia kepada wartawan, Senin sore.

Ia menerangkan, saat ini sudah ada satu hotel yang siap untuk dijadikan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

Loading...

Pihaknya telah meminta Dinkes untuk membuat proposal anggarannya untuk diajukan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menurut Ivan, pihak BNPB sudah meminta daerah yang kekurangan tempat isolasi untuk mengajukan proposal anggaran pembiayaan.

Sebab, anggaran daerah tak bisa sepenuhnya menutupi kekurangan anggaran yang ada.

“Untuk (sewa hotel) sebulan itu kan bisa mencapai 300-400 juta. Kalau BNBP tak bisa, kita mau tak mau harus siapkan,” bebernya.

Ivan menjelaskan, pemusatan isolasi untuk pasien Covid-19 sengaja dilakukan di Kota Tasikmalaya.

Pasalnya, isolasi mandiri untuk pasien Covid-19 tak menjamin mereka bisa menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Sebaliknya, penerapan isolasi mendiri justru berpotensi menjadi kemunculan klaster keluarga.

“Mungkin kalau di rumah, protokol keshetaan tak diterapkan dengan baik. Justru kan bisa banyak,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.