Lukman Hakim Memilih Bungkam

27
0
Loading...

JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin hemat bicara. Dan terkesan menghindari ketika disinggung terkait uang yang disita penyidik KPK dari ruangannya.

“Ya, begini. Saya harus menghormati institusi KPK jadi secara etis tidak pada tempatnya saya menyampaikan hal yang saya belum saya sampaikan kepada KPK,” kata Lukman di Jakarta, Rabu (20/3).

Menurut dia, KPK merupakan institusi resmi yang seharusnya menerima keterangannya terlebih dahulu baru kemudian publik boleh mengetahui itu. Disimpulkan, Lukman baru akan berbicara mengenai uang yang diamankan KPK di ruangannya, jika sudah memberi keterangan kepada lembaga antirasuah itu. “Jadi saya belum akan memberikan ke publik,” kata dia.

KPK sendiri akan memanggil Menag untuk dimintai keterangan dalam kasus dugaan suap seleksi jabatan di lingkungan Kemenag tahun 2018-2019. “Waktu pemanggilannya saya tidak tahu, tapi saya pikir sebagai kementerian, pasti akan dimintai klarifikasi,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif.

KPK dalam perkara ini, lanjut Laode telah menetapkan Romahurmuziy, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur Haris Hasanuddin dan Kepala Dinas Kemenag kabupaten Gresik Muafaq Wirahadi sebagai tersangka.

Loading...

KPK juga sudah menggeledah ruang Menag Lukman Hakim yang merupakan kader PPP di Kemenag pada Senin (18/3) dan menyita sekitar Rp180 juta dan 30 ribu dolar AS. Lokasi lain yang digeledah adalah kantor DPP PPP yaitu ruangan ketua umum, bendahara dan administrasi.

Usai menetapkan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy sebagai tersangka kasus dugaan suap seleksi jabatan di Kemenag, tim penyidik KPK tak tinggal diam. Mereka lantas bertolak ke Kabupaten Gresik, Jawa Timur, untuk melanjutkan penggeledahan.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, penggeledahan kemarin (20/3) menyasar Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. Ini merupakan penggeledahan kelima setelah sebelumnya KPK menggeledah empat lokasi di Jakarta dan Surabaya.

“Dari lokasi penggeledahan ini diamankan sejumlah barang bukti berupa dokumen-dokumen terkait kepegawaian dan pengisian jabatan Kepala Kantor Kemenag Gresik,” ujar Febri

Selain menggeledah Kantor Kemenag Gresik, tim KPK juga mendatangi rumah tersangka Kepala Kantor Kemenag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi. Di sana, tim menjelaskan kepada keluarga tersangka terkait hak-hak Muafaq selama proses penyidikan berlangsung.

Namun, tim mendapat informasi bahwa keluarga Muafaq sempat didatangi pihak-pihak yang mengaku sebagai pegawai KPK pasca penetapan tersangka. KPK gadungan tersebut bahkan dilaporkan meminta uang kepada keluarga tersangka.”KPK mengingatkan agar pihak-pihak lain tidak menyalahgunakan situasi untuk memeras atau melakukan penipuan dengan cara mengaku seolah-olah KPK dan meminta uang,” tegas Febri.

Tunjuk Plt Ketum

Pada bagian lain, Ketua Majelis Pertimbangan Partai Suharso Monoarfa akan dikukuhkan sebagai pelaksana tugas (Plt) ketua panitia umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada forum musyawarah kerja nasional PPP di Cicarua, Bogor, Rabu (20/3).

Sekretaris Jenderal DPP PPP, Arsul Sani menyebut penunjukan Suharso Monoarfa sebagai Plt ketua umum pada forum rapat pleno Pengurus Harian (PH) DPP PPP yang juga dihadiri oleh Majelis-majelis, sudah sesuai aturan dalam AD/ART partai.

Dari Majelis-majelis, hadir antara lain, Ketua Majelis Syariah KH Maimun Zubair, Ketua Majelis Pertimbangan Partai Suharso Monoarfa, dan pesan tertulis dari Ketua Majelis Pakar Lukman Hakim.

Arsul Sani menjelaskan berdasarkan aturan AD/ART partai, setelah penetapan Plt ketua umum, kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan dalam forum musyawarah kerja nasional (Mukernas). “Karena itu, DPP PPP menyelenggarakan Mukernas, di Cicarua, Bogor, pada hari ini, untuk mengesankan keputusan rapat PH DPP PPP,” katanya. (riz/khf/ful/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.