Lulus Pelatihan, Terima Order Manggung

99
0

CIHIDEUNG – Symphony Music School (SMS) melatih sejumlah anak muda yang tidak melanjutkan jenjang akademik supaya memiliki skill bermusik. Selama sekitar tiga bulan atau 200 jam pelajaran, 39 muda-mudi itu digembleng agar mahir memainkan keyboard dan gitar.

Pimpinan LKP SMS Kepler Sianturi mengatakan, saat ini Tasikmalaya dan sekitarnya tengah menjadi daerah berkembang. Banyaknya kafe, mal, serta event organizer yang membutuhkan mitra dalam menyuguhkan penampilan musik. Tentunya, sumber daya manusia (SDM) dituntut dapat merespons peluang tersebut. “Banyak yang request ke kami baik EO wedding atau panitia acara untuk menampilkan talenta musik,” ujar Kepler di sela pelatihan di kantornya, Rabu (24/7).

“Maka kita tangkap peluang ini dengan melatih muda-mudi usia sekolah yang tidak melanjutkan akademik supaya memiliki skill dan mahir bermusik memenuhi kebutuhan industri musik daerah,” tuturnya.

Kepler menjelaskan selama tiga bulan mereka dilatih supaya mahir dalam memainkan alat musik seperti keyboard. Dengan demikian, setelah mumpuni dan mahir bisa terjun ke arah komersial. “Sekarang banyak butuh elektunan atau akustik di tempat kuliner dan lain sebagainya,” katanya.

Menurut pria yang juga Sekretaris Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) itu, peserta pelatihan juga diwajibkan mengikuti uji kompetensi sehingga mengantongi lisensi dan legalitas ketika hendak terjun ke industri lebih profesional. “Minimalnya selesai pelatihan bisa menerima permintaan untuk tampil di event-event,” harap Kepler.

Dia menambahkan, sebetulnya program kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hanya sebanyak 30 orang saja yang dapat mengikuti pelatihan itu. Namun, karena peminat melebihi kuota, pihaknya tetap menerima. “Bahkan ada dua pengamen juga tahun ini. Kita sih harapnya ada 10, sebab sudah kami rangkul untuk bergabung, hanya yang daftar dua saja. Minimalnya kita bantu daerah supaya mengurangi pengangguran di usia produktif,” tambahnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.