Lulusan Prodi Sistem Informasi Dibutuhkan Industri

120
1
SAMBUTAN. Kepala UBSI Kampus Tasikmalaya Agung Baitul Hikmah saat sambutan di acara Talk Show Tokoh Milenial beberapa waktu lalu. Lisna Wati / Radar Tasikmalaya

TASIK – Salah satu program studi di Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kota Tasikmalaya adalah Sistem Informasi. Prodi ini relevan dengan kebutuhan industri saat ini, sehingga lulusannya mudah diserap dunia kerja.

Kepala UBSI Tasikmalaya Agung Baitul Hikmah MKom mengatakan, sesuai visinya, Prodi Sistem Informasi diharapkan menjadi program studi unggulan dalam menghasilkan lulusan di bidang Sistem Informasi, berjiwa entrepreneur untuk mendukung ekonomi kreatif pada tahun 2033.

”Lulusan Prodi Sistem Informasi disiapkan untuk menjadi programmer atau junior sistem analis,” katanya.

Agung menjabarkan, programmer merupakan ahli madya yang me­miliki kemampuan dalam meng­analisis, merancang, meng­implementasikan, membuat code dan menguji program, penerapan program dan pemeliharaan aplikasi sesuai dengan perkembangan IPTEK dan kebutuhan orga­nisasi dalam mendukung peren­canaan pengembangan sistem dengan menggunakan metode pengem­bangan perangkat lunak.

Adapun Junior Sistem Analis merupakan ahli madya yang berkompeten dalam menentukan serta mendukung tim proyek dalam analisis dan perancangan sistem guna mendukung proses bisnis perusahaan mencapai tujuan.

”Prodi Sistem Informasi ini menarik untuk dipelajari oleh generasi muda saat ini, sebab di dalamnya menggabungkan beberapa bidang ilmu, seperti ilmu komputer, ilmu bisnis dan ilmu manajemen,” ujarnya.

Selain itu, Prodi Sistem Informasi memiliki rumpun yang sama dengan program studi Teknik Informatika maupun Ilmu Komputer, akan tetapi program studi ini mempelajari bagaimana membuat sebuah sistem informasi yang memiliki data yang besar untuk dapat diolah, sehingga data tersebut dapat menghasilkan informasi yang berguna bagi pemakai secara yang tepat, cepat dan efisien.

”Dengan kuliah di Prodi Sistem Informasi UBSI, mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk membuat program yang dibutuhkan perusahaan, karena selain belajar bahasa dan teknik pemrograman, mahasiswa juga akan belajar untuk mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis yang ada di perusahaan, yang kemudian dilanjutkan untuk merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan,” ungkapnya.

Kesempatan kerja dan jenjang karier lulusan pun menjanjikan. Hal ini dikarenakan hampir seluruh bidang kegiatan membutuhkan peran komputer seperti programmer, data analyst, dosen, konsultan IT dan lain-lain.

”Tapi untuk tahap selanjutnya pilihan karier bisa lebih beragam dan lebih luas menyesuaikan dengan perkembangan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa,” katanya.

Lulusan Prodi Sistem Informasi pun banyak dibutuhkan baik di instansi pemerintah maupun swasta karena dapat menjembatani komunikasi yang dibutuhkan antara programmer dan pengguna (end user) dalam membuat kebutuhan sebuah sistem informasi.

Lulusan juga memiliki kemampuan untuk dapat menganalisa data dan problem solving yang dituangkan dalam aplikasi yang berguna bagi masyarakat dan industri skala kecil, menengah maupun besar.

Mata kuliah yang dipelajari pada Prodi Sistem Informasi UBSI ini di antaranya Dasar Pemrograman, Aplikasi Basis Data, Sistem Basis Data, Mana­jemen Proyek Sistem Informasi, Pemrograman Web, Analisa Perancangan Sistem Informasi, E-Commerce, Interaksi Manusia dan Komputer, Teknologi Web Service dan Data Warehouse and Bussiness Intelligence. (na)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

  1. izin share ya admin 🙂
    segera bergabung bersama kami, dan raih berbagai macam promonya,
    langsung saja daftar Di ninjajadul.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.