Lulusan STIMIK Kota Tasik Banyak Dibutuhkan Industri

69
0
DAFTAR. Calon mahasiswa baru saat mendaftar di STIMIK Tasikmalaya. Lulusan STMIK banyak diserap oleh industri. Radika Robi Ramdani / Radar Tasikmalaya
DAFTAR. Calon mahasiswa baru saat mendaftar di STIMIK Tasikmalaya. Lulusan STMIK banyak diserap oleh industri. Radika Robi Ramdani / Radar Tasikmalaya

TASIK – Lulusan informatika saat ini banyak dibutuhkan oleh industri. Salah satu perguruan tinggi yang produktif meluluskan sarjana komputer yakni Sekolah Tinggi Manajeman Informatika dan Komputer (STMIK) Tasikmalaya. Kampus di Jalan RE Martadinata Kota Tasikmalaya fokus mencetak lulusan ahli informatika yang profesional.

“Mahasiswa lulusan STMIK tidak hanya mampu dan siap kerja di bidang komputer, melainkan mampu dan siap membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang lain,” ujar Ketua STMIK Tasikmalaya Restu Adi Wiyono MSc MKom kepada Radar, Senin (20/7).

Restu mengungkapkan, STMIK terus berupaya menghasilkan tenaga profesional Teknik Informatika yang mampu berfikir secara sistematis terpadu serta berkemampuan dalam merencanakan, mengoperasikan dan mengendalikan unit usaha produktif baik pada proses pab­rikasi, proyek maupun jasa. “Lu­lusan informatika ini sangat dibutuh­kan di era industri 4.0,” jelasnya.

STMIK membuka kelas karyawan dan kelas reguler. Terdapat program pendidikan S1 Program Studi Teknik Informatika yang sudah Terakreditasi B. Prodi ini diarahkan untuk menghasilkan seorang analis berlandaskan pada pengetahuan informatika teoritik dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi online. Lulusan STMIK disiapkan dengan kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah dalam dunia nyata.

“Lulusan Teknik Informatika diharapkan tidak hanya sekadar mampu menggunakan program-program aplikasi komputer (user) atau membuat program aplikasi komputer (programmer), tetapi menjembatani kebutuhan-kebutuhan user dan programmer yang kemudian diterjemahkan dalam sebuah dokumen spesifikasi formal,” kata dia.

Lulusan Prodi Teknik Informatika dapat berkarier di berbagai bidang yang menyangkut dengan teknologi dan jaringan komputer, di dunia perbankan maupun industri lain.

Adapun peluang-peluang karier tersebut di antaranya IT Consultant, Database Administrator, Application Engineer, IT Manager, Mobile Application Programmer and Design, IT Project Manager, Network Specialis, System Engineer, Business & System Analyst, Web Developer & Designer.

Selain itu, sambungnya, di STIMIK terdapat Program Studi Komputerisasi Akuntansi jenjang D3 yang terakreditasi B. Prodi ini secara umum bertujuan menghasilkan ahli madya yang memiliki kompetensi di bidang Sistem Informasi Akuntansi (SIA) pada industri perbankan dan keuangan. Lulusan prodi ini disiapkan menjadi analis dan desain sistem komputerisasi akuntansi yang mampu bersaing skala Internasional.

“Adapun peluang karier tersebut yakni programmer, database administrator, pelaksana proyek ERP, staff accounting/EDP dan analis sistem informasi akuntansi,” terang Restu.

Sementara itu Restu menambahkan, untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa, STMIK membentuk Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang merupakan lembaga organisasi kemahasiswaan intra kampus yang berdiri dalam kesatuan organisasi pemerintahan mahasiswa.

“Adanya BEM dapat meningkatkan eksistensi kampus dan meningkatkan hubungan kekeluargaan di antara elemen mahasiswa,” paparnya.

Lanjutnya, STMIK juga mempunyai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang merupakan wadah penyaluran bakat dan minat mahasiswa di bidang tertentu. Saat ini STMIK Tasikmalaya memiliki beberapa UKM di antaranya Resimen Mahasiswa (Menwa), Tae Kwon Do, Marching Band, Mapalas, Liga Film Mahasiswa (LFM), Paduan Suara Mahasiswa, Radio Kampus GK FM, Home Band, Forum Dakwah Kampus, Computer Club (CC), English Club (EC), Futsal Club, Perisai Diri, Pramuka hingga Agro Bisnis.

Sementara itu, guna mendukung keberhasilan studi yang berwawasan global, STIMK menjalin kerja sama dengan Silktech Singapore dan Program Backstopping Depdiknas RI. “Dengan kerja sama ini STIMIK disiapkan sebagai pusat riset yang modern,” katanya.

Restu berharap, sesuai visinya STMIK bisa menjadi perguruan tinggi terkemuka di bidang teknologi informasi dan komunikasi, berwawasan global, berjiwa entrepreneur dan menjadi pusat unggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung pembangunan nasional. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.