Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

BI dan 6 Daerah Kembangkan Ekonomi Priangan Timur

Luncurkan Paket Wisata Terintegrasi

25
0
SINERGI. Kepala KPw BI Tasikmalaya Heru Saptaji (ketiga, kanan) bersama kepala daerah Se Priangan Timur menandatangani MoU Pariwisata Priangan Timur di Bale Priangan KPw BI Tasikmalaya Selasa (13/8). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Mewujudkan pariwisata terintegrasi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya dan enam pemerintah kota dan kabupaten di Priangan Timur melakukan terobosan penyusunan kerja sama pengembangan wisata dan ekonomi kreatif di wilayah Priangan Timur.

Kerja sama One Stop East Preanger Tourism ini disepakati oleh Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. MoU dilakukan di Bale Priangan KPw BI Tasikmalaya Jalan Sutisna Senjaya Kota Tasikmalaya Selasa (13/8).

Kepala KPw BI Tasikmalaya Heru Saptaji mengatakan sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat menjanjikan sebagai new engine of growth, karena sektor pariwisata memiliki multiplier effect yang bersifat inklusif.

“Priangan Timur menawarkan pesona keindahan dan menawan untuk para wisatawan manca negara serta lokal,” katanya.

Ia pun menyampaikan optimismenya bahwa Priangan Timur memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata terintegrasi. Priangan Timur memiliki paket lengkap seperti laut, gunung, budaya akomodasi memadai, makanan dan oleh-oleh khas yang merupakan potensi unggulan.

Melalui event strategis ini menunjukkan komitmen dan semangat dari seluruh kepala daerah di Priangan Timur untuk bergandengan tangan bekerja sama mengembangkan sektor pariwisata di daerahnya, melalui pendekatan terintegrasi seperti political will terkait anggaran di sektor pariwisata, promosi dan pengembangan infrastruktur.

“Melalui kesepahaman ini diharapkan pertumbuhan ekonomi Priangan Timur akan semakin cepat dan terakselerasi jauh lebih baik di masa depan,” ujarnya.

Selanjutnya, BI bersama pemerintah Priangan Timur berusaha dan mengelola sektor pariwisata secara optimal, agar bisa mengembangkan dan menghasilkan sumber ekonomi bagi masyarakat. Paket pariwisata Priangan Timur ini bisa dinikmati dengan biaya sekitar Rp 3 juta.

Senada, Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman mengungkapkan bentuk kebersamaan dan kesepahaman dalam terwujudnya pengembangan potensi di sektor pariwisata dengan program paket pariwisata Priangan Timur. Hal ini merupakan inovasi yang dapat membangun daerah secara bersama-sama.

“Kita berkolaborasi dalam mempromosikan Priangan Timur sebagai destinasi pariwisata yang menarik dan menghibur,” katanya. Ia berharap, wisatawan lokal maupun manca negara bisa manfaatkan potensi yang ada di Priangan Timur. “Satu kali datang bisa enam daerah terlewati,” ujarnya.

Presiden Komunitas Cermin Ashmansyah Timutiah mengatakan sektor pariwisata terintegrasi Priangan Timur ini mesti digarap dengan serius. Karena Priangan Timur memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah, sayang kalau tidak dimanfaatkan di bidang pariwisata. “Pemerintah mesti komitmen dalam kebijakan di sektor pariwisata, terutama dalam perbaikan tempat-tempat pariwisata agar lebih baik,” katanya. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.