Maaf, Sepertinya PKS Mending Pikirkan Keselamatan Sendiri Ketimbang Prabowo

75

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

JAKARTA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bak kekasih bagi Gerindra dan Prabowo Subianto. Tapi masa-masa indah itu bisa saja telah berlalu menjadi memori usang.

Pengamat politik Afriadi Rosdi menilai, ada kesan bahwa PKS kini sudah tak lagi menganggap capres nomor urut 02 itu sebagai sosok yang penting atau utama.

Setidaknya untuk mempengaruhi kemennagan di Pemilu Legislatif 2019 mendatang.

Hal itu menyusul surat edaran yang dikeluarkan partai yang dikomandoi Sohibul Iman tersebut.

Dalam surat edaran itu, intinya, meminta semua jajaran kepengurusan dan para caleg-nya, hanya mengoptimalkan kampanye Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Paling tidak, ada tiga alasan yang dikemukakan Ketua Pusat Kajian Literasi Media memperkuat penilaiannya itu.

Pertama, PKS kemungkinan menganggap Prabowo sudah tak laku dijual atau tidak bisa lagi mengangkat elektabilitas Prabowo-Sandi dalam mengejar ketertinggalan dari pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Jadi, partai-partai pendukung, termasuk PKS, hanya akan menghabiskan energi jika mengampanyekan Prabowo,” ujar Afriadi di Jakarta, Minggu (28/10/2018).

Kedua, partai berlambang bulan sabit kembar itu kemungkinan menganggap bakal tak ada manfaat yang didapat partainya jika mengampanyekan Prabowo.

Bahkan, kemungkinan PKS menganggap lebih banyak mudarat dibanding manfaatnya dalam kaitan dengan kebutuhan PKS menembus parliamentary threshold (PT).

Sepertinya, kata dia, PKS menganggap mengampanyekan Prabowo hanya akan menguntungkan Gerindra dan memperbesar perolehan suara Gerindra di pemilihan legislatif. “Sebaliknya, malah menggerus suara PKS,” ucapnya.

Terakahit, ia menilai PKS kemungkinan menganggap pileg lebih penting dibanding Pilpres. Artinya, Prabowo-Sandi silakan saja kalah asal PKS bisa menembus PT.

“Sebaliknya, meskipun Prabowo Sandi menang tapi PKS gagal menembus PT, tetap saja kiamat bagi PKS karena eksistensi mereka sebagai partai jadi punah,” katanya.

Sebelumnya, Presiden PKS Sohibul Iman mengeluarkan surat edaran Nomor 05/D/EDR/DPP-PKS/2018 tentang Optimalisasi Anggota Legislatif DPR RI untuk Kampanye Cawapres Sandiaga Shalahuddin Uno.

Pada surat edaran tertanggal 17 September 2018 tersebut, Sohibul meminta seluruh anggota fraksi partainya di DPR mengerahkan seluruh sumber daya guna mengoptimalkan kampanye Sandi di daerah pemilihan masing-masing.

(gir/jpnn/pojoksatu/radartasikmalaya)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.