Maba Diberi Pemahaman Bela Negara

21

TASIK – Universitas Siliwangi (Unsil) menggelar program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2019/2020. Mahasiswa baru (maba) dilantik oleh Rektor Unsil Prof Dr H Rudi Priyadi Ir MS di Gedung Mandala Unsil Senin (12/8).

Prof Dr H Rudi Priyadi Ir MS mengatakan melalui kegiatan PKKMB ini, mahasiswa dikenalkan dengan kehidupan kampus meliputi wawasan akademik dan wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara.

Menurut dia, Unsil sudah sejak lama menerapkan materi bela negara pada mahasiswa baru. Hal ini, sebagai bentuk penguatan jati diri mahasiswa dan menumbuhkan rasa bela negara di lingkungan perguruan tinggi.

“Program bela negara baik sudah dimasukan ke dalam kurikulum agar penerapannya efektif. Penanaman bela negara sebagai upaya untuk mencegah pengaruh negatif yang memengaruhi mahasiswa seperti terorisme dan paham radikal,” katanya.

Harapannya, kata ia, dengan pendidikan bela negara ini bisa menghasilkan lulusan unggul, berjiwa wirausaha dan mempunyai wawasan kebangsaan. “Pendidikan dan latihan bela negara harus dilaksanakan, karena itu salah satu pra syarat menjadi sarjana di Unsil,” ujarnya.

Selain itu, menurut Rudi, mahasiswa baru juga diberikan wawasan pendidikan nilai-nilai luhur tatar Sunda. “Penguatan nilai-nilai luhur kesiliwangian bertujuan memahami perjuangan luar biasa dari para tokoh dalam melestarikan budaya Sunda silih asah, silih asuh dan silih asih,” katanya.

Wakil Rektor Unsil Bidang Kemahasiswaan Prof Dr H Budy Rahmat Ir MS menjelaskan kegiatan PKKMB atau OMBUS 2019 fokus kepada pengembangan keterampilan sosial serta keterampilan ilmu pengetahuan. Program ini dapat menanamkan pendidikan karakter mahasiswa baru yang mandiri, memiliki kepedulian serta hormat terhadap sesama.

“Sekarang ini mahasiswa baru tak hanya diarahkan pada bidang akademik, juga diberikan kegiatan kemahasiswaan yang membentuk soft skill,” katanya. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.