Mabdaul Ulum Tolak Pembangunan SMKN 5

39
BERTUGAS. Aslim saat menjalankan aktivitasnya sebagai anggota DPRD Kota Tasikmalaya. (Firgiawan / radartasikmalaya.com)

BUNGURSARI – Yayasan Islam Mabdaul Ulum di Leuwikidang I RT 01 RW 07 Kelurahan Sukajaya Kecamatan Bungursari menolak rencana pembangunan SMK Negeri 5 Tasikmalaya di wilayahnya.

Ketua Yayasan Islam Mabdaul Ulum Aslim menjelaskan pihaknya keberatan lantaran jarak pembangunan SMKN 5 di lahan eks carik kelurahan itu hanya sekitar 150 meter dari SMK Mabdaul Ulum. Selama ini, SMK-nya sudah turut serta mendorong program pendidikan yang digulirkan pemerintah.

“Jumat lalu, kita juga sudah rapat di kelurahan. Intinya, DKM, DMI, LPM, BKM sudah sepakat menandatangani surat keberatan terkait rencana pendirian sekolah itu,” ungkap anggota DPRD Kota Tasikmalaya ini.

Aslim menceritakan pada awal­nya lahan tersebut untuk digu­nakan pembangunan sara­na program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK). Tidak digunakan untuk sarana pendidikan formal seperti SMK.

“Kemarin juga, pertemuan yang dilaksanakan di kecamatan itu atas undangan dari camat. Bukan kami yang menginisiasi. Surat keberatan sejauh ini sudah dilayangkan ke berbagai pihak baik eksekutif maupun legislatif,” terang politisi Partai Gerindra ini.

Menurut dia, warga setempat juga menolak pembangunan itu. Lantaran lahan akan digunakan program pemerintah lainnya.

“Harusnya pemkot bisa memperhatikan hal ini. Jangan karena alasan terbatas lahan maka rekomendasikan eks carik itu untuk dijadikan lokasi pembangunan yang akan digulirkan Pemprov Jawa Barat,” paparnya.

Kehadiran sekolah negeri ba­­ru itu dikhawatirkan me­ma­­­tikan potensi sekolah swasta lain yang sudah ber­­diri bertahun-tahun di Bu­ngur­­sari.

“Kita sendiri saat hen­­dak mendirikan lembaga pen­­didikan, meminta izin dan per­tim­bangan dari sekolah existing terdekat. Sebab, rasio pen­­duduk, siswa usia sekolah dan radius lembaga pendidikan ha­­rus diperhitungkan agar ti­dak saling mematikan,” beber dia. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.