Juara di Aksioma 2019 Tingkat Jawa Barat

Madrasah Kota Tasik Berprestasi

194
0
MEMBANGGAKAN. Sekretaris Perkumpulan Guru Madrasah Kota Tasik Arip Ripandi SPdI (kedua kanan) bersama pimpinan dan siswa madrasah berprestasi. Mereka hadir dalam talk show Bincang Radar di Studio Radar TV Senin (25/2). Siti Aisyah / Radar Tasikmalaya

TASIK – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Attarbiyah, Bungursari dan MI Persis Cempaka Warna Kota Tasikmalaya memang luar biasa. Mereka menjadi juara Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) Tingkat Jawa Barat 2019 di Bekasi.

Dalam lomba yang dilaksanakan 18-21 Februari 2019 itu, murid MI Attarbiyah Tasikmalaya menjadi juara 3. Itu untuk lomba pidato Bahasa Indonesia. Siswa yang mengharumkan nama Kota Tasikmalaya itu Miftah Sidiq A. Dia siswa kelas V.

Gelar juara juga diraih Fitra Madina. Murid MI Persis Cempaka Warna itu mendapat juara 1 Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ). Sekretaris Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Kota Tasikmalaya Arip Ripandi SPdI mengaku bangga atas prestasi tersebut.

“Selain dari MI, dari jenjang MTs dan MA Kota Tasikmalaya juga meraih banyak prestasi dalam Aksioma tingkat Jabar ini. Harapan kami tagline Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat serta Madrasah Berprestasi ini selalu menjadi spirit dalam peningkatan kualitas dan mutu pendidikan,” ujarnya.

Kepala MI Attarbiyah Tasikmalaya Idar Darulfalah SPd menuturkan di madrasahnya ada kelas khusus untuk pembinaan prestasi. Siswa berprestasi berada di dalam kelas khusus. Mereka dilatih untuk multi talenta.

“Alhamdulillah prestasi ini memberikan motivasi besar bagi kami para guru dan madrasah untuk makin meningkatkan pembinaan dan mutu pendidikan. Sesuai dengan konsep MI kami bahwa kami membuat aturan setiap anak juara, tidak ada anak yang bodoh tapi mereka memiliki keunggulan yang berbeda dengan yang lainnya,” ujar Idar.

Idar mengatakan Miftah sejak kelas dua sudah mengikuti perlombaan. Tidak hanya mengikuti lomba pidato Bahasa Indonesia, tapi sajak dan dongeng. “Miftah termasuk anak yang multi talenta. Semoga prestasi yang diraih Miftah ini bisa menjadi motivasi pula bagi siswa yang lainnya. Kami yakin prestasi atau potensi yang dimiliki anak bisa menjadi bekal untuk masa depan,” tuturnya.

Wakasek Kesiswaan MI Cempaka Warna Tasikmalaya Yopan Fauzi menjelaskan Fitra Madina juga sejak kelas 2 sudah mengikuti perlombaan untuk MHQ. Terlebih tahfidz Alquran adalah salah satu program unggulan di madrasahnya, sehingga semua siswa di Cempaka Warna setiap harinya menghafal Alquran.

“Ada pembimbing khusus untuk tahfiz Alquran ini. Selain hafalan anak juga diajarkan ilmu tajwid dan tahsinnya, sehingga selain hafal juga benar dalam pelafalannya,” tutur Yopan.

Prestasi yang diraih Fitra, kata Yopan, menjadi kebanggaan dan motivasi besar bagi keluarga besar MI Cempaka Warna. Prestasi tersebut juga diharapkannya semakin meningkatkan kualitas pembinaan, khususnya bimbingan tahfiz Alquran.

Dalam agenda Bincang Radar edisi Senin (25/2) itu, Arip Ripandi dan panitia tingkat Kota Tasik­malaya me­nyerah­kan trofi dan uang pem­binaan dari provinsi dan panitia Kota Tasik­malaya kepada Miftah dan Fitra.

“Reward tersebut diharap jadi spirit untuk makin me­ning­katkan prestasi dan semangat belajar,” ujarnya. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.