Madu, Obat untuk Berbagai Penyakit

2801
0

SELAIN Habbatussauda, obat alami yang memiliki manfaat atau khasiat adalah madu. Hal ini seperti dalam Alquran Surat An-Nahl ayat 69.

“Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”.

Leader dan Mentor Halal Mart, Wahyudin mengatakan khasiat madu sebagai obat juga disabdakan Rasulullah SAW “Hendaklah kalian menggunakan dua obat, yaitu madu dan Alquran. “(Ibnu Majah, j.II, h.1142, hadis No.3452, bab Madu).

Berdasarkan penelitian, kata dia, madu adalah mengandung nutrisi seperti protein, asam amino, karbohidrat, vitamin, mineral, dekstrin, pigmen tumbuhan dan komponen aromatik.

“Madu mengandung 11 asam amino esensial yang tidak diproduksi tubuh. Penelitian terbaru, zat atau senyawa yang ada di madu sangat kompleks yaitu mencapai 181 jenis,” terangnya.

Melihat kaya manfaat dan khasiat madu tersebut, HNI-HPA (Halal Mart) ikut menghadirkan produk madu yang terdiri empat jenis, yaitu Madu Asli Premium, Madu Asli Multiflora, Madu SJ dan Madu Pahit.

Madu Asli Premium dihasilkan dari lebah madu apis mellifera, kaya akan vitamin, mineral, enzim, protein, hormon-hormon serta zat anti mikroba dan anti biotik. Madu Asli HPAI Multiflora merupakan madu alami yang terjamin mutu dan keasliannya serta lebih terjaga.

Madu Asli HPAI Multiflora dihasilkan dari lebah madu unggul “apis mellifera”, kaya vitamin, mineral, enzim, protein, hormon, serta zat antimikroba dan antibiotik. Madu Asli HPAI Multiflora lulus kendali mutu dan mempunyai kadar air yang rendah.

Kemudian, kata dia, ada Madu S Jaga merupakan produk yang diracik secara khusus dari sari kurma murni, spirulina, pegagan, ilalang, sambiloto dan daun sirsak dengan komposisi yang tepat.

Madu Pahit HNI adalah madu dengan rasa pahit yang khas karena diproduksi lebah jenis Apis Dorsata yang mengonsumsi nektar dari kuncup pohon pahit seperti tanaman kirinyuh, pohon jati, pohon mahoni, benalu dan clidemia hirta. Ini spesial karena diambil dari sarang lebah pohon mahoni yang hanya ada di hutan.

Khusus Madu S Jaga karena mengandung sejumlah komposisi ramuan herbal memiliki khasiat tambahan sebagai suplemen bagi ibu hamil dan ibu menyusui, membantu proses melahirkan, mengurangi gejala menopause, baik bagi balita dan pertumbuhan anak, sebagai penambah nafsu makan, anti-infeksi, antitoxic, penurun panas, peluruh air seni, mengobati asma, diare, hipertensi akibat sakit ginjal, kencing batu, keputihan, melancarkan air seni, mimisan, hepatitis, prostat dan radang paru-paru.

“Manfaat lain adalah tifoid, disentri, diare, radang saluran napas, radang paru, influenza, sakit kepala, demam, tuberkulosis pada paru, batuk pertusis, tekanan darah tinggi, faringitis dan kencing manis,” bebernya. (rls/yfi) 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.