Madu Odeng dari Cipakat Singaparna Tasik sampai ke Malaysia dan Hongkong

287
0
Istimewa. PAMERAN. Owner Madu Surya Sugema Reska Destria saat mengikuti pameran di Citylink Bandung. Produk asli khas Tasikmalaya ini kini tembus ekspor.
Istimewa. PAMERAN. Owner Madu Surya Sugema Reska Destria saat mengikuti pameran di Citylink Bandung. Produk asli khas Tasikmalaya ini kini tembus ekspor.

TASIK – Produk Madu Surya Sugema yang diproduksi pengrajin di Desa Cipakat Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya kini mulai merambah pasar ekspor.

Owner Madu Surya Sugema Reska Destria mengatakan, ia memulai usahanya sejak tahun 2010 dengan hanya menjual madu hutan lokal jenis odeng tanpa merk dan dijual terbatas 5-10 botol saja per bulan, itu pun konsumennya tetangga.

“Pasokan madu yang kami peroleh saat itu sangat terbatas berasal dari pemburu madu hutan tradisional tidak menentu dapatnya sedikit,” ujarnya kepada Radar, Jumat (17/7).

Reska mengatakan, tahun 2011 ia dan suami berinisiatif untuk mengumpulkan beberapa pemburu madu hutan tradisional dengan tujuan untuk mendapatkan pasokan madu lebih banyak karena permintaan madu terus bertambah.

Perjalanannya tidak mudah, karena harus benar-benar selektif memilih pemanjat atau pemburu madu hutan yang jujur dan amanah terkait kejelasan dan asal muasal pengambilan madunya.

“Tidak selesai dengan membentuk kelompok pemburu madu hutan, tahun 2013 kami berfikir untuk memberi merek pada madu kami karena di tahun itu pula suami memutuskan untuk membuka toko madu walaupun tempatnya masih sangat sederhana. Pada tahun itu tercetuslah merk Madu Surya Sugema,” kata dia.

Pihaknya selalu berkomitmen menjaga kualitas dan kemurnian madu. Maka ia pun melakukan serangkaian uji lab keaslian dan kemurnian madu seiring dengan perluasan pemasaran.

Ia bersyukur usaha tersebut membuahkan hasil pada pertengahan 2017 dan memperoleh kepercayaan dari dinas dan instansi terkait mendapatkan izin edar produk Madu Surya Sugema berupa sertifikat P-IRT dari Dinas Kesehatan dan Label Halal dari LP-POM MUI Jawa Barat.

Setelah mendapatkan izin edar, kini bukan hanya madu hutan odeng, Reska pun juga menyediakan beberapa jenis madu budidaya seperti Madu Randu, Madu Kaliandra, Madu Multiflora, Madu Klengkeng, Madu Rambutan serta Madu jenis terbaik yang yaitu Madu Trigona.

Untuk madu yang ia jual di tokonya itu mulai dari harga Rp 40 ribu hingga Rp 350 ribu. Pemasarannya hingga ke Malaysia dan ke Hongkong. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.