Mahal karena Langka dan Dagingnya Lembut

59
0
MAHAL. Salah seorang sales promotion girls (SPG) memperlihatkan durian J-queen yang dibanderol Rp 14 juta per butir di supermarket Plaza Asia, Jumat (25/1) malam.Ujang Nandar / Radar Tasikmalaya

HZ MUSTOFA – Durian J-Queen yang dibanderol Rp 14 juta per butir masuk kategori durian luar biasa. Buahnya dipanen sekali dalam tiga tahun.

“Karena langka jadinya mahal,” tutur petani durian J-Queen, Darsono Kamis (31/1).

Tahun pertama, pohon durian J-Queen berbuah 20. Namun di tahun ke dua, hanya tinggal 7 buah saja. “Tahun pertama ada 20 dan tahun ke dua tinggal 7 karena sisanya prematur,” katanya.

Pada akhirnya di tahun ke-3 durian J-Queen ini bisa dipanen dengan jerih payahnya. Kualitasnya pun jauh melebihi durian jenis lainnya. Dari segi aroma J-Queen lebih wangi dan menyengat, bobotnya pun di atas rata. “Dagingnya pun lebih soft (lembut) dibanding durian lainnya,” katanya.

Petani asal Banyumas itu menganalogikan sarang burung walet. Semakin langka barang tersebut di tambah memiliki kualitas maka patut memiliki harga yang mahal, begitu juga dengan J-Queen.

“Bukannya saya menyamakan durian dengan sarang walet, tapi logikanya seperti itu,” tuturnya.

Sampai kemarin, Pesta Aneka Durian di Plaza Asia masih berlangsung di Plaza Asia Tasikmalaya. Event tersebut masih akan berlangsung sampai Tahun Baru Imlek mendatang. (rga)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.