Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Mahasiswa Beri Penyuluhan Ekonomi Kreatif

486
0
ISTIMEWA PENYULUHAN. Mahasiswa KKN berfoto bersama masyarakat dan aparat desa usai penyuluhan ekonomi kreatif di Aula Desa Tenggeraharja.

SUKAMANTRI – Kelompok KKN Unigal di Desa Tenggeraharja Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis memberi penyuluhan ekonomi kreatif kepada warga. Dalam penyuluhan yang dilaksanakan di Aula Desa Tenggeraharja masyarakat diberi materi tentang cara memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia di sekitar desa.

Desa Tenggeraharja terkenal dengan gula arennya. Namun pemanfaatan potensi itu masih belum maksimal. Melalui Posdaya Karya Raharja, mahasiswa berupaya membantu warga memaksimalkan potensi itu. Salah satunya dengan memberi penyuluhan tentang pengembangan dan pemasaran produk berbahan gula aren.

“Namun dari beberapa masyarakat yang kami tanya, adanya kendala yang sedang dialami oleh pengrajin makanan khas yakni Kadapo yang terbuat dari gula kelapa dicampur kacang,” ujar Ketua KKN Unigal di Desa Tenggeraharja Anwar Hidayat Rabu (28/2).

Kendala yang dimaksud, kata dia, adalah naiknya harga bahan baku gula, yakni nira. Sementara para perajin gula aren sulit menaikkan harga jual. Dengan adanya penyuluhan ekonomi kreatif itu diharapkan masyarakat mendapat gambaran tentang cara membuat produk yang kreatif dan efektif untuk dipasarkan.

Dalam membuat produk, masyarakat juga diajarkan untuk menghitung ukuran produk yang dibuat dan bahan yang digunakan untuk mencegah kerugian. “Hal ini juga bertujuan untuk mengantisipasi beban-beban atau kerugian yang dapat menghambat alur atau perputaran keuangan dalam posdaya tersebut,” katanya.

Sebab itu, untuk mengatasi kendala yang sedang dihadapi para perajin Kadapo, mereka dianjurkan memperkecil ukuran produk yang dibuat. Sehingga, kerugian bisa diminimalisir.
“Tujuannya untuk memperbanyak pembuatan produk dengan kualitas yang sama namun ukuran sedikit diperkecil. Serta kami juga akan bantu pemasaran online,” pungkasnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.