Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

4.8%

42%

14%

1.4%

26.6%

0%

10.7%

0%

Mahasiswa Unigal Berprestasi Terima Beasiswa

27
0
PRESTASI MAHASISWA. Wakil Rektor III Bidang Prestasi Universitas Galuh (Unigal) Kabupaten Ciamis Dr Ida Farida SH MH bersama Kasubag Kemahasiswaan Unigal Yosep Sulaksana SE memperlihatkan piala dan medali yang diraih mahasiswa Selasa (12/11). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Universitas Galuh (Unigal) Kabupaten Ciamis memberikan beasiswa bidikmisi dan beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA). Beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswanya berprestasi bidang akademik maupun non akademik.

“Untuk mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi mencapai 45 orang, sedangkan untuk beasiswa PPA mencapai 100 orang,” ujar Wakil Rektor III Bidang Prestasi Universitas Galuh (Unigal) Kabupaten Ciamis Dr Ida Farida SH MH kepada Radar Selasa (12/11).

Beasiswa PPA diberikan kepada mahasiswa tidak mampu. Uang dari PPA untuk bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi. Sedangkan beasiswa bidikmisi memberikan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup untuk membantu calon mahasiswa baru dari keluarga kurang mampu. Dana beasiswa bidikmisi dari pemerintah melalui Ristek Dikti.

“Penerima beasiswa bidikmisi ini dibiayai secara penuh bagi calon mahasiswa yang tidak mampu namun berprestasi. Sementara untuk penerima beasiswa PPA setiap tahun, namun tergantung prestasi yang ditorehkannya,” kata dia.

Ida menyebutkan, mulai masuk hingga lulus kuliah nanti, calon mahasiswa yang mendapatkan bantuan bidikmisi tidak mengeluarkan uang sepeser pun. Asalkan dapat lulus tepat waktu. Jika melebihi waktu yang ditentukan maka mereka harus membayar sendiri.

“Dengan adanya program tersebut sangat membantu secara ekonomi dan memudahkan para mahasiswa untuk bisa ikut kuliah walaupun terbatas secara ekonomi,” ucapnya.

Prestasi

Beberapa prestasi yang telah ditorehkan mahasiswa Unigal di tahun 2019 kata Ida, mulai dari olahraga pencak silat, taekwondo, karate, futsal dan lainnya.

Untuk karate, mahasiswa Unigal meraih 2 medali emas dan 1 perunggu di tingkat Jabar. Adapun pencak silat, mahasiswa meraih juara tingkat internasional. Mereka meraih 1 medali emas, 2 medali perak dan 1 medali perunggu.

Bagaimana dengan taekwondo? Sama dengan pencak silat, mahasiswa Unigal meraih juara di tingkat internasional. Mereka meraih 1 medali emas. “Untuk futsal meraih juara pertama liga mahasiswa tingkat regional dan nasional,” ujarnya.

“Semua mahasiswa yang menorehkan prestasi ini sudah dipastikan mendapatkan beasiswa. Ini sebagai perhatian dari kami, karena mereka pun sudah memberikan hasil yang positif dan telah mengharukan nama Unigal,” kata dia menambahkan.

Kasubag Kemahasiswaan Unigal Yosep Sulaksana SE menambahkan, dengan adanya beasiswa ini para mahasiswa dapat terbantu. Terlebih membantu meringankan beban orang tuanya dalam membiayai selama kuliah.

“Banyak yang terbantu lewat bantuan tersebut. Rata-rata mereka punya kemauan dan sangat berpotensi. Banyak prestasi yang diraih oleh para mahasiswa yang rata-rata masih tingkat 2, sehingga sudah selayaknya mereka menerima bantuan besiswa itu,” ujarnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.