Siap PBL dan Menangani Pasien

Mahasiswa UBK Diangkat Janji

163
0
Istimewa CAPPING DAY. Mahasiswa UBK Kampus Tasikmalaya foto bersama dosen usai acara angkat janji dan penyematan atribut kompetensi kebidanan Jumat (12/7). Capping day ini sebagai pertanda siswa sudah siap melakukan PBL di rumah sakit.

TASIK – Mahasiswi tingkat 1 Prodi D3 Kebidanan Universitas Bhakti Kencana (UBK) Kampus Tasikmalaya mengikuti acara angkat janji dan penyematan atribut kompetensi kebidanan. Acara capping day ini dilaksanakan di Aula Kampus 2 UBK Jalan Ir Juanda Kota Tasikmalaya Jumat (12/7).

Pembantu Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan Meti Sulastri SST MHKes mengatakan, dengan capping day ini mahasiswa dikukuhkan untuk bisa praktik di rumah sakit. “Setelah capping day ini mahasiswa akan Praktik Belajar Lapangan (PBL) di RSUD dr Soekardjo 15 Juli hingga 16 Agustus 2019,” jelasnya.

Sebelum dilantik di capping day, para mahasiswa ini telah menempuh uji kompetensi keterampilan klinik praktik kebidanan (KKPK). Mahasiswa yang lulus uji KKPK, bisa mengikuti penyematan atribut kompetensi kebidanan,” ujar Meti.

Mahasiswa yang dilantik ini sudah memiliki keterampilan dasar kebidanan seperti memasang infus, pemasangan implan, IUD, penyuntikan obat, perawatan luka dan keterampilan dasar lainnya. “Berbekal keterampilan ini, mahasiswa siap untuk melaksanakan PBL di RSUD Dr Soekardjo dan langsung merawat pasien,” ujarnya.

Dalam capping day ini, mahasiswa ini pun diangkat janji. Angkat janji ini menandai kesiapan mental, keterampilan dan psikis menjelang praktik di lapangan.

“PBL ini sebagai aplikasi dari mata kuliah keterampilan dasar kebidanan 1 dan 2 yang sudah dipelajari di kampus,” ujarnya. Meti menambahkan, dengan pembekalan yang cukup mahasiswa peserta PBL sudah cukup mampu memberikan pelayanan berkualitas dan profesional. “Praktik ini perlu disiapkan secara maksimal, termasuk menanamkan etika sebagai bidan. Sehingga mahasiswa praktik tetap menjunjung tinggi etika pofesi bidan, termasuk menjaga kerahasiaan pasien,” ujarnya.

Sementara itu, pada Sabtu (13/7) UBK juga menggelar baksos khitanan masal yang digelar badan eksekutif mahasiswa (BEM) UBK bekerja sama dengan Klinik Az Zahra. (na)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.