Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Mahasiswa Uniga Jadi Anggota Dewan

31
0
PELANTIKAN. Anggota DPRD Kabupaten Garut dilantik baru-baru ini. Sebanyak 12 diantaranya merupakan mahasiswa dan alumni Universitas Garut. Yana Taryana / Rakyat Garut

TAROGONG KIDUL – Sebanyak 12 dari 50 anggota DPRD Garut yang baru dilantik pada Selasa (13/8) merupakan mahasiswa dan alumni Universitas Garut (Uniga). Hal itu dikatakan Rektor Uniga Dr Ir H Abdusy Syakur Amin MEng di Kampus Uniga Jalan Samarang Kecamatan Tarogong Kaler Rabu (14/8).

Menurut dia, mahasiswanya yang menjadi wakil rakyat periode 2019-2024 merupakan mahasiswa strata satu (S1) dan strata dua (S2). “Kita ucapkan selamat kepada mereka, semoga amanah dalam menjalankan tugas,” ujarnya. Dengan kepercayaan yang diberikan masyarakat, dirinya meminta kepada para alumni dan mahasiswa yang menjadi wakil rakyat bisa amanah dalam menjalankan tugasnya.

Syakur mengatakan jabatan anggota legislatif tidak ada sekolahnya, sehingga mereka harus cepat belajar dan dibekali kompetensi agar mampu mengemban amanah. “Untuk itu, paling tidak kami di sini mendorong juga kegiatan mahasiswa untuk lebih aktif sebelum mereka terjun ke masyarakat,” katanya.

Dia berharap kepada seluruh anggota DPRD Garut, khususnya yang baru menjabat agar bisa segera belajar dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai anggota dewan. “Sekarang ada 27 anggota DPRD wajah baru dan 23 wajah lama. Jadi yang baru harus cepat belajar,” terangnya.

Melihat komposisi anggota DPRD Garut saat ini, dirinya melihat ada harapan baru dalam perubahan di legislatif. “Kalau dilihat dari orang-orang baru yang muncul ini ada politisi senior dan muda sekali, ini diharapkan ada transfer pengetahuan dan pengalaman untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya dalam menjalankan fungsi legislatif,” katanya.

Dia berharap anggota DPRD Garut yang baru dilantik juga bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Garut yang masih rendah. “DPRD harus memiliki keberpihakan yang kuat kepada masyarakat, terutama dalam mengingatkan pemerintah untuk berorientasi dalam peningkatan IPM,” ujarnya. (yna/rls)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.