Mahasiswa Unper Tasik Harus Melek Politik

115
0
SAMBUTAN. Rektor Unper Tasikmalaya Prof Dr H Yus Darusman Drs MSi memaparkan pentingnya pendidikan politik untuk generasi muda di Aula Gedung Baru Unper Senin (9/3).
SAMBUTAN. Rektor Unper Tasikmalaya Prof Dr H Yus Darusman Drs MSi memaparkan pentingnya pendidikan politik untuk generasi muda di Aula Gedung Baru Unper Senin (9/3).

TASIK – Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya bekerja sama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) menggelar seminar pendidikan politik di Aula Gedung Baru Unper Tasikmalaya Senin (9/3).

Kegiatan ini diisi oleh Dosen FISIP Unsil Tasikmalaya Fitriyani Yuliawati SIP MSi dan Anggota MPR RI Dapil Jabar XI Daerah Pemilihan Kabupaten Garut Kabupaten/Kota Tasikmalaya H Ferdiansyah SE MM.

Rektor Unper Tasikmalaya Prof Dr H Yus Darusman Drs MSi mengatakan seminar ini diikuti 150 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum. Pendidikan politik ini sangatlah penting bagi generasi muda agar dalam kehidupan bernegara bisa menjadi partisipan yang bertanggung jawab.

“Tujuan seminar ini memberikan pendidikan politik, bukan mengampanyekan salah satu partai, tapi memberikan pemahaman tugas dan fungsi dari praktisi politik kepada mahasiswa agar melek politik serta mengetahui aturan,” ujar dia.

Baca Juga : 360 Siswa SMA Ikuti Tes Seleksi Paskibraka Kabupaten Tasik 2020

Ia menyebutkan, pendidikan politik berpotensi untuk membentuk karakter, watak dan tanggung jawab mahasiswa yang demokratis sehingga dapat mencapai peradaban bangsa yang lebih maju.

Peran pendidikan politik pun menjadi penting sebagai alat distribusi nilai kebangsaan bagi generasi muda.

Loading...

“Mahasiswa itu generasi muda yang militan dan berani. Artinya berani memperjuangkan negara, menjaga kelangsungan bangsa Indonesia jadi jangan sampai buta politik. Karena cara-cara kehidupan bernegara tidak lepas dari politik,” katanya.

Baca Juga : Dede Maulana, Siswa SDN Situgede Karangnunggal Tasik Juara 1 Menggambar Foto Bupati

Pendidikan politik dalam hal ini ditujukan untuk membentuk generasi muda yang mampu menjadi pemimpin demi terciptanya budaya politik Pancasila.

Anggota MPR RI Dapil Jabar XI H Ferdiansyah SE MM mengatakan dalam seminar tersebut pihaknya memberikan pemahaman tentang empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika kepada peserta.

Selain itu, kata Ferdiansyah, ia pun menekankan pentingnya melestarikan kearifan lokal seni dan budaya yang mampu merekatkan persatuan dan kesatuan Indonesia.

“Generasi muda sekarang seharusnya menggerakkan industri pariwisata yang berbasis budaya di Tasikmalaya sehingga mampu menerapkan empat pilar kebangsaan tersebut,” katanya. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.