3 PSG vs AS Monaco 1

MAHKOTA KYLIAN MBAPPE

15
Kylian Mbappe

PARIS – Paris Saint Germain (PSG) mengunci gelar Ligue 1 Prancis di pekan ke-33 setelah meraih hasil imbang melawan Lille di markas Toulouse. Kylian Mbappe kemudian menyempurnakan mahkota juara PSG lewat hat-trick-nya ke gawang AS Monaco.

Pada laga penghormatan kepada katedral Notre Dame yang terbakar pekan lalu, PSG yang menjamu Monaco di Parc des Princes menang dengan skor 3-1. Tuan rumah langsung unggul tiga gol melalui Mbappe sebelum Aleksandr Golovin mencetak gol hiburan di 10 menit akhir pertandingan.

Dengan kemenangan ini, PSG mengoleksi poin 84 atau unggul 19 angka atas Lille. Meski masih ada lima pertandingan sisa kedua klub, Lille yang kini punya 65 poin tidak bisa lagi mengejar Neymar dan kawan-kawan karena mereka maksimal hanya akan meraih 80 poin di akhir musim.

Bagi PSG, ini adalah gelar keenam mereka dalam tujuh musim terakhir. Sementara secara keseluruhan, ini menjadi trofi ke delapan mereka sepanjang sejarah klub. Dengan delapan gelar tersebut, PSG menyamai torehan Nantes dan AS Monaco. Ketiga klub ini terpaut dua trofi dari Saint-Etienne dan Marseille yang sama-sama mengoleksi 10 gelar.

Torehan ini hampir pasti akan disempurnakan Mbappe dengan status top skor. Saat ini, penyerang berusia 20 tahun itu total sudah mencetak 30 gol. Jumlah gol Mbappe jauh di atas pesaing terdekatnya, bomber Lille, Nicolas Pepe, yang hingga pekan ke-33 menjaringkan 19 gol.

Mbappe juga bisa membuat musimnya semakin lengkap dengan rekor hat-trick. Berkat trigolnya ke gawang Monaco, Mbappe menjadi pemain PSG kedua yang mencetak setidaknya tiga hat-trick di Ligue 1 dalam satu musim, setelah Carlos Bianchi pada 1977-78 (empat).

“Untuk memenangkan gelar, ini adalah perasaan yang bagus. Tim melakukan pekerjaan dengan baik. Musim telah selesai. Saya sangat senang. Ini adalah gelar juara pertama saya di Prancis,” kata Pelatih PSG, Thomas Tuchel di situs klub.

La Parisians bisa memenangkan gelar ganda domestik ketika menghadapi Stade Rennais di final Piala Prancis Sabtu depan. “Trofi ini sangat membahagiakan. Kami senang, tetapi ada gelar lain untuk minggu depan,” tegas kiper PSG, Alphonse Areola.

Gelar Ligue 1 ini menjadi pengobat luka PSG setelah mereka tersingkir secara menyakitkan di Liga Champions. Kegagalan di Liga Champions itu membuat posisi Tuchel sama sekali tidak aman seperti para pendahulunya. Namun, Tuchel menegaskan, bukan pekerjaan gampang untuk menjadi juara Eropa. (amr/fin)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.