Makam Pahlawan di Pangandaran Akan Dipindah

283
0
NANA SURYANA / RADAR TASIKMALAYA TABUR BUNGA. Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari bersama Jajaran Forkopimda berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia di Desa/Kecamatan Pangandaran kemarin (10/11).

PANGANDARAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran berencana membangun Taman Makam Pahlawan (TMP) di Parigi. Sejumlah makam para pahlawan akan dipindahkan, termasuk 27 makam pahlawan yang ada di TMP Bahagia Desa/Kecamatan Pangandaran.
“Kita sudah menyiapkan lahan untuk relokasi makam para pahlawan. Tempatnya di Cijoho, Parigi,” tutur Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari kepada Radar usai upacara dan ziarah kubur di TMP Bahagia kemarin (10/11).
Wabup mengatakan pemindahan makam para pahlawan merupakan langkah pemerintah daerah untuk menghargai jasa para pahlawan di Kabupaten Pangandaran. “Nantinya seluruh makam para pahlawan yang ada di beberapa wilayah akan di satu tempatkan. Dijaga dan dirawat dengan baik sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan atas jasa-jasa mereka,” ujarnya.
Pemerintah daerah, kata dia, sudah melakukan komunikasi dengan pihak keluarga. Namun demikian, masih banyak makam pahlawan yang tidak dikenal nama dan keluarganya. “Mungkin karena sudah lama. Kita sulit menelusurinya. Namun meskipun begitu kita tetap harus terus mendoakan arwah para pejuang. Insya Allah doa yang kita sampaikan tidak sia-sia,” ungkapnya.
TMP Bahagia yang berada di samping pintu masuk objek wisata Pantai Pangandaran lokasinya sangat sempit. “Untuk kegiatan-kegiatan upacara dan ziarah kita kesulitan karena lahannya sedikit, tadi saja harus menutup jalan,” tuturnya.
Dalam kesempatan tersebut, Adang berpesan agar masyarakat Pangandaran menghargai jasa para pahlawan dengan menjaga kuburannya dan melanjutkan cita-cita para pejuang. “Kalau tidak ada mereka mungkin kita juga belum tentu bisa menikmati kemerdekaan seperti saat ini. Jasa para pahlawan begitu besar dan sepatutnya kita menghargai perjuangan mereka,” ungkapnya.
Sebelumnya, Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pahlawan ke-72 di Lapang Alun-Alun Parigi. Acara kemudian dilanjutkan dengan upacara penghormatan dan ziarah ke TMP Bahagia di Desa/Kecamatan Pangandaran. Selesai acara, bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Pangandaran, wabup melakukan tabur bunga. (nay)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.