Makanan Khas Perlu Dilegitimasi

116
0

PANGANDARAN – Sampai saat ini Pangandaran belum memiliki makanan atau ciri khas yang sudah ditetapkan dalam surat keputusan (SK) atau legitimasi.

“Sebenarnya ada beberapa makanan yang bisa dinominasikan jadi makanan khas Pangandaran seperti pindang gunung, gula semut dan masih banyak lagi, sementara buah-buahannya bisa kelapa atau buah manggis,” terang Dinas Perdangan Koperasi dan UMKM Tedi Garnida kepada Radar, Jumat (2/1).

Menurut dia untuk menentukan makanan khas Pangandaran perlu dibentuk tim dari berbagai sektor seperti pariwisata, pertanian dan industri. ”Pasti masing-masing memiliki indikator penentu,” ucapnya.

Lanjut dia, kandidat untuk dijadikan makanan khas Pangandaran yaitu gula semut. Menurutnya, gula semut jarang diproduksi di luar daerah.

”Kalau itu pendapat saya ya, pindang gunung diluar juga ada cuman olahan saja yang sedikit berbeda, kemudain adalagi jus honje itu kurang tahu apakah di luar banyak diproduksi,” ujarnya.

Untuk buah-buahan, menurut dia, yang paling kuat adalah kelapa jika dibandingkan manggis. ”Produksi kelapa di Pangandaran luar biasa, kalau mau ditetapkan sebagai ikon ya mari rembug bersama,’” ujarnya. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.