Mampu Mendongkrak Perekonomian Masyarakat Jika Exit Tol Cigatas-Ciban di Kota Banjar

166
0

BANJAR – Pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar (Cigatas-Ciban) digadang-gadang bakal mampu mendongkrak perekonomian masyarakat jika exit tol Cigatas-Ciban berada di Kota Banjar. Hal itu diungkapkan pengamat transportasi Kota Banjar Dadi Mulyadi.

Menurut Dosen Rekayasa Transportasi Jurusan Teknik Sipil Sekolah Tinggi Ilmu Tekhnik (STIT) Bina Putera Kota Banjar itu, Pemerintah Kota Banjar sudah seharusnya menjemput bola supaya exit tol di Kota Banjar.

Sebab, tidak menutup kemungkinan perkembangan Kota Banjar akan terdorong dengan banyaknya kendaraan yang singgah dan keluar-masuk tol dari arah Jawa Tegah dan Pangandaran.

“Memang sebuah keharusan Kota Banjar memperjuangkan pintu akhir tol Cigatas itu di wilayah Banjar agar masa depan Banjar setidaknya akan terdorong perkembangan kotanya akibat akumulasi keluar-masuk tol,” ungkapnya Jumat (22/2). Potensi kemajuan di beberapa sektor pun akan baik.

Bahkan, kata dia, pembahasan pintu akhir tol Cigatas-Ciban sempat diwacanakan sejak tahun 2016. “Ya itu daerah Cipadung lokasi exit tol-nya. Waktu itu wakil wali kota-nya masih pak dr Darmadji yang membahas dengan tiga kepala daerah, membahas rencana tol tersebut,” kata dia.

Ia mendukung pemerintah kota untuk segera mempersiapkan magnet atau daya tarik dari semua sektor, terlebih pariwisata.

“Kalau sudah ada site plan seperti itu, ya Kota Banjar setidaknya bisa mempersiapkan magnet agar pengguna tol bisa berhenti di Kota Banjar. Contoh hotel berbintang. Pasti ada peluang investasi yang terbuka lebar bagi investor untuk mengembangkan kepentingan bisnisnya di Kota Banjar,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah berencana membangun jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar (Cigatas-Ciban). Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih berharap jalan tol Trans Jawa tersebut memiliki exit tol di Kota Banjar.

“Pembangunan jalan tol ini akan kita sambut dengan baik. Mudah-mudahan exit-nya di Kota Banjar. Kita harus mempersiapkan pariwisatanya, hotelnya dan sebagainya,” kata Ade Uu usai paripurna Hari Jadi ke-16 Kota Banjar di gedung DPRD Kota Banjar Kamis (21/2). (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.