Man City vs West Ham Menjadi Ajang Seleksi Senjata

25
0
Pep Guardiola

NANJING – Manchester City akan memulai laga pramusim mereka menghadapi West Ham United di Premier League Asia Trophy. Ini momentum awal Pep Guardiola menyeleksi pemain yang akan jadi senjata andalannya di musim 2019/2020.

The Citizens yang berstatus juara bertahan dua musim terakhir tidak melakukan perubahan berarti musim panas ini. Tiga pekan sebelum penutupan bursa transfer, Manchester Biru baru mendatangkan dua pemain baru.

Sebagai upaya perbaikan di sektor tengah sekaligus mempersiapkan pelanjut Fernandinho, Pep mendatangkan gelandang muda Spanyol, Rodri dari Atletico Madrid. Nama anyar lainnya adalah Angelino, bek kiri yang dibeli untuk bersaing dengan Oleksandr Zinchenko dan Benjamin Mendy.

Dengan hanya nama-nama seperti Vincent Kompany dan Fabian Delph yang hengkang, Pep tentu tidak harus memutar otak terlalu keras untuk menyusun starter-nya musim ini. Namun, bukan berarti pelatih berpaspor Spanyol itu tidak akan mencoba melakukan perubahan.

Paling memungkinkan diutak-atik adalah sektor gelandang dan bek kiri sebagaimana diisyaratkan Pep dalam pembelian Rodri dan Angelino. Di lini tengah, selain Rodri yang akan berjuang tembus ke starting XI, juga ada nama Kevin de Bruyne yang musim lalu kehilangan tempat akibat cedera.

Perebutan tempat di sektor tengah ini diprediksi bakal ketat. Apalagi, David Silva yang sudah mengumumkan akan meninggalkan Etihad musim depan dipastikan akan menjaga tempatnya. Termasuk dari Phil Foden yang diklaim Silva sebagai penerusnya.

Posisi bek kiri, Angelino yang dibeli dari klub Belanda, PSV Eindhoven akan berusaha menunjukkan potensinya agar menjadi pilihan utama. Musim lalu, posisi ini “disiapkan” untuk Delph dan Mendy. Akan tetapi, cedera yang mengganggu keduanya membuat Pep terpaksa memainkan Zinchenko yang aslinya adalah seorang gelandang.

Ketika Zinchenko terbelit cedera di pekan-pekan krusial, Pep bahkan menurunkan Danilo dan Aymeric Laporte secara bergantian sebagai bek kiri. Padahal, kedua pemain ini berposisi sebagai bek kanan dan centre back.

Makanya, dua pertandingan di Premier League Asia Trophy sebelum mereka bertolak ke Hongkong akan dimaksimalkan Pep. Itu akan dimulai saat menghadapi West Ham di Nanjing Olympic Sports Center, malam nanti.

“Pramusim sangat penting. Saya ingin para pemain berlatih dan bermain dengan intensitas selama di Asia. Saya yakin permainan terencana yang kami miliki akan bagus untuk ditonton,” tegas Pep di situs klub dikutip dari Premier League.com.

Sama seperti The Citizens, The Hammers–julukan West Ham juga akan memanfaatkan laga ini sebagai uji starter. Namun, klub London itu selangkah lebih maju lantaran sudah melakoni satu uji coba menghadapi SCR Altach yang mereka menangkan dengan skor tipis 3-2.

“Ini hanya pertandingan kedua kami di pramusim jadi kami masih belum fit dan kami perlu beberapa menit lagi. Bermain melawan juara akan membantu karena mereka benar-benar bagus, mereka selalu begitu,” kata Kapten West Ham, Mark Noble di situs klub.

Manajer West Ham, Manuel Pellegrini, yang baru saja ditinggalkan penyerang andalannya, Marko Arnautovic juga akan menjajal amunisi barunya di laga ini. West Ham sejauh ini sudah mendatangkan kiper, Roberto dan David Martin serta gelandang serang, Pablo Fornals. Saat menghadapi SCR Altach, Pellegrini sudah mencoba Roberto. (amr/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.